Pengepungan Otrar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengepungan Otrar adalah pengepungan yang terjadi antara Desember 1219 dan Februari 1220 selama penaklukan Mongol terhadap Kekaisaran Khwarazmian di Otrar, sebuah kota perdagangan besar di sungai Syr Darya. Inalchuq, gubernur kota tersebut, telah menyita barang dari kafilah perdagangan Mongol pada tahun sebelumnya; setelah provokasi lebih lanjut dari atasannya, Inalchuq, dan penguasa Kekaisaran Khwarazmian, Shah Muhammad II, Genghis Khan meluncurkan invasi penuh skala terhadap kekaisaran tersebut.

Kota ini telah dijaga dan diperbentengi dengan baik, sehingga pasukan Mongol mengalami kesulitan untuk menembus benteng-benteng tersebut. Kemajuan berlangsung perlahan, tetapi pada bulan Februari, Genghis merasa cukup percaya diri untuk memisahkan sebagian pasukannya dan menuju ke selatan menuju Transoxiana. Putra-putranya, Chagatai dan Ogedai, ditinggalkan untuk melanjutkan pengepungan. Qaracha, jenderal utama kota, meninggalkan pasukan pada bulan Februari 1220, dan benteng dalam jatuh tidak lama setelahnya. Inalchuq ditangkap hidup-hidup dan dieksekusi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dia dieksekusi dengan cara menuangkan logam cair ke dalam orifikasinya; kisah ini, sebagai simbol keserakahannya dalam menyita kafilah, hampir pasti bersifat apokrif.

Muhammad mengharapkan para penyerang nomaden akan gagal dalam menaklukkan Otrar. Penaklukan tersebut membuka wilayah inti Khwarazmian untuk penaklukan—Mongol akan mengisolasi dan menaklukkan kota-kota besar seperti Bukhara, Samarkand, dan Gurganj secara berurutan. Oase Otrar akan hidup kembali karena perubahan aliran Sungai Syr Darya; sementara itu, benteng Khwarazmian akan tetap terbengkalai.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]