Pengepungan Gaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pengepungan Gaza
Bagian dari Perang Aleksander Agung
Gaza painting - David Roberts.jpg
Lukisan Gaza ole David Roberts
TanggalOktober 332 SM
LokasiGaza
Hasil Kemenangan Makedonia.
Perubahan
wilayah
Aleksander memperoleh Mesir.
Pihak terlibat
Makedonia,
Sekutu-sekutu Yunani
Kekaisaran Akhemeniyah
Tokoh dan pemimpin
Aleksander Agung Batis (POW)
Kekuatan
45,000 15,000 tentara Mesir, 46,000 total
Korban
3,760 19,000

Dalam Pengepungan Gaza, Aleksander Agung, dengan cara memanfaatkan mesin-mesin perang yang dia gunakan melawan Tyre, sukses mencapai tembok pertahannya. Setelah tiga kali menyerang dan gagal, benteng di Gaza berhasil direbut oleh Aleksander.[1] Dalam pengepungan ini Aleksander terluka bahunya oleh sebuah panah, selain itu kakinya juga terluka.

Bentengnya dibangun di atas bukit dan pertahanannya sangat kuat.[2] ketika Aleksander mendekati Mesir, penduduk Gaza dan sekutu-sekutu Nabatea mereka tidak ingin kehilangan perdagangan yang menguntungkan yang dikendalikan oleh Gaza.[2] Batis, komandan benteng Gaza, menolak menyerah pada Aleksander. Ketika Gaza ditakulkan, seluruh penduduk prianya dibunuh sedangkan penduduk wanita dan anak-anaknya dijadikan budak.

Berdasarkan sejarawan Romaw Quintus Curtius Rufus, Batis dibunuh oleh Aleksander seperti ketika Akhilles membunuh Hektor. Kaki Batis diikat dengan tali dan jasadnya diseret dengan kereta perang. Aleksander melakukannya karena merasa marah akibat penolakan Batis untuk berlutut dan perilaku Batis yang merendahkan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leaders and Battles: Gaza, Siege of". Leaders and Battles Database. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-22. Diakses tanggal 2007-01-18. 
  2. ^ a b "Siege of Tyre and Gaza". Diakses tanggal 2007-01-19.