Lompat ke isi

Pengawakabus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemisah uap-cair berskala besar yang umum digunakan di kilang minyak, petrokimia, dan pabrik kimia

Pengawakabus adalah perangkat yang sering dipasang pada bejana pemisah uap-cair untuk meningkatkan penghilangan tetesan cairan yang terperangkap dalam aliran uap. Pengawakabus dapat berupa penyatuan tipe jaring, paket baling-baling, atau struktur lain yang dimaksudkan untuk mengagregasi kabut menjadi tetesan yang cukup berat untuk dipisahkan dari aliran uap. [1]

Pengawakabus dapat mengurangi waktu tinggal yang diperlukan untuk memisahkan ukuran tetesan cairan tertentu dengan mengurangi volume dan biaya peralatan pemisah. Pengawakabus sering digunakan ketika kualitas uap penting dalam kaitannya dengan cairan yang masuk, khususnya ketika biaya peralatan pemisah tinggi (misalnya, sistem tekanan tinggi) atau di mana penghematan ruang dan berat menguntungkan.

Misalnya, dalam proses pengawagaraman air garam di kapal laut, air garam dipanaskan secara cepat menjadi uap . Dalam proses pendenyaran, uap membawa tetesan air garam, yang harus dipisahkan sebelum diembunkan, jika tidak, uap distilat akan mengotori dengan garam . Ini adalah peran pengawakabus. Uap yang hilang mengembun pada tabung di pabrik pengawagaraman, dan air produk dikumpulkan di baki distilat .

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ "Introduction to Demister in Process Piping".