Penerjemahan berbantuan komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bagian dari seri:
Terjemahan
Jenis terjemahan
Teknik terjemahan
Konsep lainnya

Penerjemahan berbantuan komputer (bahasa Inggris: computer-assisted translation, CAT) adalah suatu bentuk terjemahan yang dilakukan penerjemah manusia dengan menggunakan perangkat lunak komputer yang dirancang khusus untuk mendukung dan memfasilitasi proses penerjemahan.

Walaupun memiliki konsep serupa, penerjemahan berbantuan komputer tak dapat disamakan dengan terjemahan mesin. Dalam penerjemahan berbantuan komputer, program komputer membantu penerjemah yang menerjemahkan teks sendiri dengan melakukan segala keputusan penting. Dalam terjemahan mesin, penerjemah membantu mesin, yaitu komputer atau program menerjemahkan teks yang selanjutnya dapat disunting oleh penerjemah atau tidak disunting sama sekali.

Penerjemahan komputer menggunakan algoritma. Artinya komputer menerjemahkan berdasarkan rumus yang dibuat oleh programer. Rumus ini didapatkan dari database berupa penerjemahan yang telah dilakukan oleh manusia. Dengan membandingkan lebih banyak hasil penerjemahan yang ada, maka komputer bisa memberikan hasil yang lebih akurat.

Perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Beberapa perangkat lunak terpopuler [1] untuk penerjemahan berbantuan komputer antara lain adalah:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]