Penenggelaman di Nantes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penenggelaman di Nantes pada 1793, lukisan karya Joseph Aubert (1882), Musée d'art et d'histoire de Cholet

Penenggelaman di Nantes (bahasa Prancis: noyades de Nantes) adalah serangkaian eksekusi massal dengan cara penenggelaman pada masa Pemerintahan Teror di Nantes, Prancis, yang terjadi antara November 1793 dan Februari 1794. Pada masa itu, siapapun yang ditangkap dan ditahan karena tak secara konsisten mendukung Revolusi, atau diduga menjadi simpatisan royalis, khususnya para imam dan biarawati Katolik, dibawa ke Loire dan ditenggelamkan atas perintah Jean-Baptiste Carrier, perwakilan misi di Nantes. Sebelum penenggelaman berhenti, sektiar empat ribu orang atau lebih, termasuk wanita dan anak-anak yang tak bersalah, meninggal dalam apa yang Carrier sendiri sebut sebagai "bak mandi nasional".[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loomis, Stanley (1964). Paris in the TerrorPerlu mendaftar (gratis). Philadelphia; New York: J.B. Lippincott Co. hlm. 289. OCLC 401403. 
  2. ^ David Avrom Bell; Sidney and Ruth Lapidus Professor David A Bell (2007). The First Total War: Napoleon's Europe and the Birth of Warfare as We Know it. Houghton Mifflin Harcourt. hlm. 182–. ISBN 0-618-34965-0. 

Artikel ini berisikan teks dari The Nuttall Encyclopædia edisi 1907 dengan lisensi domain umum.