Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau PMDK PN ataupun PMDK Eksekutif adalah seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Logo PMDK 2014(pmdk.politeknik.or.id)

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas[1]. Sekilas PMDK PN mirip dengan SNMPTN Premium bagi Universitas/Institut Negeri namun khusus untuk Politeknik Negeri.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, penerimaan mahasiswa baru politeknik negeri diselenggarakan secara mandiri oleh masing-masing politeknik. Mulai tahun 2014, Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) sepakat untuk melaksanakan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) secara bersama. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010 [2].

Sistem baru ini dilakukan bersama oleh 38 Politeknik Negeri di Indonesia. Diperuntukkan bagi alumni SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususya dibidang vokasi (politeknik negeri) di seluruh Indonesia. Kemudahan akan dirasakan para peserta pendaftar, pasalnya dengan sistem ini peserta bisa memilih beberapa politeknik-politeknik yang tersebar di seluruh indonesia dalam sekali mendaftar.

Tidak hanya itu saja, peserta juga tidak akan di bebankan biaya dalam pendaftaran. PMDK-PN ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta yang berprestasi, namun juga peserta yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dan memiliki prestasi, dapat bergabung dalam program beasiswa Bidik misi.

Pelaksanaan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2014[sunting | sunting sumber]

Tahap Persiapan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2014 merupakan tahun pertama pelaksanaan PMDK PN. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dipercaya untuk menjadi tim pusat dalam pemangunan sistem ini. Mulai dari penyedia layanan (host), pembuat aplikasi, hingga menjadi server untuk PMDK Politeknik se-Indonesia untuk pertama kalinya ini.[3]

Pada tanggal 28 Desember 2013 di di Hotel Swiss Belinn Surabaya dilakukan Koordinasi Direktur Politeknik Seluruh Indonesia dalam rangka diskusi mengenai program PMDK PN. Selanjunya pada. Sabtu 25 Januari 2014 dilaksanakan Rapat Koordinasi tim IT PMDK PN seluruh Indonesia di kampus PENS[4]. Pada tahun pelaksanaan pertama kali ini, setidaknya sebanyak 38 Politeknik Negeri telah mengikuti PMDK PN ini.

Jadwal[sunting | sunting sumber]

Tanggal Agenda
1 Februari - 31 Maret 2014 Penyebaran dan request undangan
10 Februari - 30 April 2014 Pengisian data oleh sekolah
17 Februari - 1 Mei 2014 Pengisian data oleh siswa
8 Mei 2014 Pengisian data oleh siswa
1 - 17 Mei 2014 Validasi Berkas
29 Mei 2014 Pengumuman[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]