Penelaah waktu-nyata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penelaah waktu-nyata perangkat keras Rane RA 27 di bawah pengolah penyuara Ashly Protea II 4.24C (dengan koneksi RS-232)

Penelaah waktu-nyata ( PWN) atau penganalisa waktu-nyata dalah perangkat audio profesional yang mengukur dan menampilkan spektrum frekuensi sinyal audio; penelaah spektrum yang bekerja secara waktu-nyata . PWN dapat berkisar dari perangkat berukuran ADP kecil hingga unit perangkat keras yang dipasang di rak hingga perangkat lunak yang dijalankan pada komputer jinjing . Ia bekerja dengan mengukur dan menampilkan input suara, sering kali dari mikrofon terintegrasi atau dengan sinyal dari sistem PA . PWN dasar menunjukkan tiga pengukuran per oktaf pada 3 atau 6 peningkatan dB; solusi perangkat lunak yang canggih dapat menunjukkan 24 atau lebih pengukuran per oktaf serta 0,1 resolusi dB.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Secara umum ada dua jenis PWN

  1. PWN menggunakan pemrosesan sinyal analog, dan
  2. PWN menggunakan pemrosesan sinyal digital.

Perbedaan utama antara kedua jenis ini adalah bahwa PWN analog menggunakan serangkaian penyaring lewat pita analog yang tertanam untuk memecah sinyal menjadi pita frekuensi sebelum diukur. PWN digital menggunakan teknologi pengambilan sampel digital dan pengolahan sinyal digital berbasis mikropengolah untuk melakukan penghitungan yang diperlukan, seperti transformasi Fourier cepat, untuk melakukan pengukuran sehingga tidak memerlukan penyaring perangkat keras analog untuk mengisolasi setiap pita frekuensi. Pendekatan digital terhadap analisis sinyal umumnya menghasilkan akurasi dan resolusi yang jauh lebih tinggi sehingga sebagian besar PWN yang saat ini diproduksi menggunakan teknologi pemrosesan sinyal digital.[1] Pemrosesan sinyal digital lebih hemat biaya.

Penggunaan profesional[sunting | sunting sumber]

PWN sering digunakan oleh teknisi suara dan ahli akustik yang memasang sistem audio di semua jenis ruang mendengarkan: Tempat, teater rumah, mobil, dll. Parameter yang dapat diukur adalah aspek spektral reproduksi suara yang disebabkan oleh efek seperti resonansi dan konstruktif dan destruktif. interferensi, tetapi bukan aspek pencitraan dan spasial. Dalam audio profesional banyak sistem yang menggabungkan PWN bersama dengan perangkat yang juga melakukan pemerataan . Saat mengukur derau merah muda atau nada uji lainnya, pengontrol tersebut dapat menyamakan respons frekuensi dengan menggunakan serangkaian penyesuaian di area frekuensi yang sesuai antara lain sesuai dengan interaksi sistem dengan ukuran, bentuk, dan bahan konstruksi tempat tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ True Audio FAQ