Pendorong Alcubierre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Visualisasi dua dimensi pendorong Alcubierre, menunjukkan ruangwaktu yang meluas dan berkontraksi yang memindahkan wilayah di tengah.

Pendorong Alcubierre atau metrik Alcubierre adalah gagasan spekulatif berdasarkan penyelesaian persamaan medan Einstein dalam relativitas umum, yang mencoba mengembangkan wahana antariksa yang dapat mengarungi ruang lebih cepat dari cahaya. Hal ini dapat dicapai dengan medan densitas-energi yang lebih rendah daripada ruang hampa (dalam kata lain massa negatif). Walaupun menurut relativitas khusus suatu benda tidak dapat bergerak lebih dari kecepatan cahaya, pesawat dengan pendorong Alcubierre tidak akan mengalami percepatan yang melebihi kecepatan cahaya, tetapi akan terdorong oleh ruang yang berkontraksi di depan dan meluas di belakang, sehingga pesawat akan tiba di tempat tujuan lebih cepat dari cahaya dalam ruang normal.[1] Konsep ini digagas oleh fisikawan teoretis Miguel Alcubierre.

Walaupun metrik ini secara matematis konsisten dengan persamaan medan Einstein, sejauh ini pendorong ini belum bisa dibangun secara fisik. Mekanisme pendorong Alcubierre membutuhkan densitas energi negatif, sehingga membutuhkan materi eksotik, dan bila materi eksotik dengan properti yang tepat tidak ada maka pendorong ini tidak dapat dibangun. Namun, Alcubierre berargumen bahwa ruang hampa Casimir di antara piringan-piringan paralel dapat memenuhi kebutuhan energi negatif.[2] Sementara itu, meskipun metrik Alcubierre sesuai dengan relativitas umum, relativitas umum tidak meliputi mekanika kuantum, dan beberapa fisikawan berargumen bahwa teori gravitasi kuantum yang menggabungkan kedua teori tersebut akan menghilangkan pemecahan-pemecahan dalam relativitas umum yang memungkinkan perjalanan waktu ke belakang, dan pendorong Alcubierre dianggap sebagai salah satunya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Krasnikov, S. (2003). "The quantum inequalities do not forbid spacetime shortcuts". Physical Review D. 67 (10): 104013. arXiv:gr-qc/0207057alt=Dapat diakses gratis. Bibcode:2003PhRvD..67j4013K. doi:10.1103/PhysRevD.67.104013. 
  2. ^ Alcubierre, Miguel (1994). "The warp drive: hyper-fast travel within general relativity". Classical and Quantum Gravity. 11 (5): L73–L77. arXiv:gr-qc/0009013alt=Dapat diakses gratis. Bibcode:1994CQGra..11L..73A. doi:10.1088/0264-9381/11/5/001. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]