Pencaus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan Amerika—Pencaus di Pinggir Jalan (1872)

Pencaus umumnya adalah bangunan atau bangunan tempat para pelancong dapat mencari penginapan, dan biasanya, makanan dan minuman. Penginapan biasanya terletak di pedesaan atau di sepanjang jalan raya. Sebelum munculnya alat transportasi bermotor, mereka juga menyediakan akomodasi untuk kuda .

Seorang pemilik pencaus adalah nama orang yang menjalankan sebuah pencaus.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Bentuk pencaus lain ada di seluruh dunia. Diantaranya adalah honjin dan ryokan di Jepang, karavan di Asia Tengah dan Timur Tengah, serta Jiuguan di Tiongkok kuno.

Di Asia Kecil, selama periode pemerintahan Saljuk dan Turki Ottoman, bangunan mengesankan berfungsi sebagai pencaus ( Turki: han ) dibangun karena pencaus dianggap signifikan secara sosial. Pencaus ini menyediakan akomodasi untuk orang-orang dan kendaraan atau hewan mereka, dan berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi mereka yang bepergian dengan berjalan kaki atau dengan cara lain.

Pencaus ini dibangun antar kota jika jarak antar kota terlalu jauh untuk perjalanan satu hari. Struktur ini, disebut karavanserai, adalah pencaus dengan halaman luas dan persediaan air yang cukup untuk minum dan keperluan lainnya. Mereka biasanya berisi kafe, selain persediaan makanan dan pakan ternak. Setelah kafilah melakukan perjalanan beberapa saat mereka akan beristirahat di kafilah ini, dan sering bermalam untuk beristirahat para pelancong manusia dan hewan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]