Pemmone dari Friuli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pemmone (atau Penno) merupakan seorang Adipati Friuli selama 26 tahun, dari sekitar tahun 705 sampai kematiannya. Ia adalah putra Billo dari Belluno.

Pemmone datang ke wilayah adipati pada saat ketika perang sipil telah merusak wilayah tersebut. Pemmone mengasuh seluruh anak dari banyak bangsawan yang tewas terbunuh di medan perang di dalam istananya disisi putra-putranya sendiri. Ia juga mengobarkan tiga perang dengan Slavia Kärnten. Ia mengalahkan mereka dengan begitu pahitnya untuk yang ketiga kalinya, sehingga mereka tunduk pada sebuah perjanjian perdamaian.

Pemmone juga berselisih dengan Callisto, Kepala Keluarga Aquileia. Kepala keluarga tersebut bertentangan dengan uskup Cividale dan menyingkirkannya. Pemmone, sebagai balasannya, menahan tokoh tersebut. Untuk ini, Raja Liutprando turun pada Friuli dan menunjuk Rachis, putra Pemmone, sebagai gantinya. Pemmone melarikan diri dengan para pengikutnya, namun putranya menjamin pengampunan. Pemmone meninggalkan dua putra lainnya oleh Ratperga[1]: Ratchait dan Astolfo, yang menjadi raja.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The story of Pemmo and his wife is very interesting and is available here.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Corvolo
Adipati Friuli
sekitar 706 – 739
Diteruskan oleh:
Rachis