Pemerintahan dalam negeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pemerintahan dalam negeri adalah kekuasaan bagian konstituen (divisi administratif) dari sebuah negara untuk memegang kekuasaan pemerintahan negara tersebut dalam wilayah administratif miliknya sendiri yang didesentralisasikan dari pemerintah pusat.

Di Britania Raya, pemerintahan tersebut disebut sebagai pemerintahan sendiri, devolusi atau kemerdekaan dari negara-negara konstituennya—awalnya Irlandia, dan kemudian Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya yang berbentuk federasi negara-negara bagian, istilah tersebut merujuk kepada proses dan mekanisme pemerintahan sendiri yang dipegang oleh munisipalitas, kabupaten, atau unit pemerintahan lokal pada tingkat di bawah negara bagian federal (contohnya, negara bagian AS, dimana pada konteksnya lihat legislasi khusus). Istilah tersebut juga merujuk kepada sistem serupa dimana Greenland dan Kepulauan Faroe berasosiasi dengan Denmark.

Namun, pemerintahan dalam negeri tidak berbanding dengan federalisme. Sementara negara-negara bagian dalam sistem federal pemerintahan (contohnya Kanada, Republik Federal Jerman, Swiss, Brasil, Ethiopia dan Amerika Serikat) memiliki keberadaan konstitusional yang terawasi, sebuah sistem pemerintahan dalam negeri dibuat atas perintah legislasi dan dapat direformasi, atau bahkan dibubarkan oleh pencabutan atau amandemen dari legislasi hukum tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]