Pembicaraan Bantuan:Kata ajaib

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nampaknya sudah ada Bantuan:Kata sakti yang dialihkan ke Bantuan:Variabel. Mohon diperiksa apakah masih perlu dibuat halaman ini. Salam. JohnThorne (Bicara) 24 Mei 2012 00.17 (UTC)[balas]

Masalah pada formatnum di berbagai templat[sunting sumber]

Per hari ini, ada hampir 30.000 halaman dengan galat pada formatnum (Kategori:Halaman dengan argumen formatnum non-numerik, 29.500, 22 Juni 2022). Kategori pelacak ini baru ditambahkan pada 2020 (Wikipedia:Warung_Kopi_(Teknis)/Arsip/2020/11#Tech_News:_2020-45)

Terkait dengan permintaan bantuan di Topik:Wxvm2uyaoybhry33, saya menyelidiki, dan ternyata formatnum memiliki "galat", yakni ketika mengganti titik menjadi koma dan koma menjadi titik (untuk pecahan ribuan/jutaan, dan desimal), ia juga mengganti titik menjadi koma pada nama berkas.

Misalnya:

Kita perlu segera memikirkan cara bagaimana membetulkan ribuan halaman yang rusak tersebut. Karena kemungkinan besar ribuan halaman tersebut memiliki galat di Infobox-nya (yang ada puluhan, bahkan ratusan jenis), dan tidak di tubuh artikel sendiri.

Jadi, setiap kali Anda melihat ada galat di suatu halaman/infobox, silakan lihat panduan di halaman ini, yang akan menjadi pemusatan informasi dan know-how untuk membetulkan galat di halaman.

ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 22 Juni 2022 13.15 (WIB) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 22 Juni 2022 13.15 (WIB) 22 Juni 2022 06.15 (UTC)[balas]

Solusi / cara pemformatan yang benar[sunting sumber]

Saya pernah sampaikan di Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)/Arsip/2022/2#formatnum

  • Untuk separator ribuan, jutaan, miliar, dsb, hilangkan separator aslinya (baik koma-AS maupun titik-Indonesia)
  • Untuk separator desimal (pecahan), akan otomatis mengganti dari titik-AS menjadi koma-Indonesia

Untuk masalah gambar (nama berkas) yang tidak disengaja masuk ke dalam formatnum, (seperti pada [1]), hal ini tidak bisa diakali dari sisi kata magisnya, karena nama berkas "Contoh.jpg", dianggap seperti desimal, sehingga tanda titik diganti menjadi koma -> "Contoh,jpg" (sehingga gambar tidak keluar dengan benar, hanya muncul deskripsi gambarnya [apabila diberikan], seperti Contoh berkas yang tidak tertampil). Untuk contoh masalah di Topik:Wxvm2uyaoybhry33, misalnya, solusi spesifiknya adalah dengan menghapus formatnum di templatnya, dan memperbaiki separator di infobox artikelnya. Namun masih ada banyak artikel yang infoboxnya (yang menggunakan Infobox airport, misalnya), yang separatornya masih menggunakan gaya AS. Hal ini harus diperbaiki di setiap artikel, manual, karena bot tidak dapat melakukannya. 😮‍💨 ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 22 Juni 2022 14.14 (WIB)