Pemasaran jarak jauh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemasaran jarak jauh

Pemasaran jarak jauh atau telepemasaran adalah metode pemasaran langsung di mana tenaga penjualan meminta calon pelanggan untuk membeli produk, langganan, atau layanan, baik melalui telepon atau melalui tatap muka berikutnya. janji temu konferensi wajah atau web yang dijadwalkan selama panggilan. Telepemasaran juga dapat mencakup rekaman promosi penjualan yang diprogram untuk diputar melalui telepon melalui panggilan otomatis.

Telepemasaran didefinisikan sebagai menghubungi, memenuhi syarat, dan menyelidiki calon pelanggan menggunakan perangkat telekomunikasi seperti telepon, faks, dan internet. Ini tidak termasuk pemasaran surat langsung.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah telepemasaran pertama kali digunakan secara luas pada akhir tahun 1970an untuk menggambarkan komunikasi Sistem Bell yang berkaitan dengan penggunaan baru untuk WATS keluar dan layanan bebas pulsa masuk.[2]

Pramutelepon[sunting | sunting sumber]

Munculnya telepemasaran dapat ditelusuri kembali ke telepon abad ke-19, atau operator telepo n . Perekrutan operator telepon antar budaya (kebanyakan perempuan) menjadi sangat populer di Amerika Utara sepanjang abad ke-20, sebagian karena popularitas yang diperoleh melalui iklan. [3] : 183–184 Setelah peralihan dari jaringan telepon umum ke sistem peneleponan elektronik berbasis komputer, pekerjaan pramutelepon secara bertahap berkurang. Namun, dengan meningkatnya periklanan dan popularitas penggunaan telepon, lapangan kerja baru, termasuk pekerjaan telepemasaran, tercipta.

Wanita dalam pemasaran jarak jauh[sunting | sunting sumber]

Telepemasaran, seperti halnya pramutelepon, merupakan salah satu bidang yang diketahui sebagian besar ditempati oleh perempuan.[4] Alasan utama mempekerjakan operator perempuan terletak pada kenyataan bahwa pekerjaan perempuan dianggap sebagai bentuk tenaga kerja murah: perempuan pemasar jarak jauh memperoleh upah sekitar setengah hingga seperempat gaji laki-laki. [3] : 183 Perempuan juga dianggap lebih sopan dan santun dibandingkan operator laki-laki. [3] : 183 Selain itu, sifat suara wanita yang menenangkan dan halus dianggap sebagai kualitas alami wanita, meski tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini.[5] Naturalisasi ini menyebabkan normalisasi persepsi perempuan sebagai operator telepon dan konsultan, yang saat ini tercermin dalam industri telepemasaran..

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is telemarketing? definition and meaning". BusinessDictionary.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-22. Diakses tanggal 2018-03-21. 
  2. ^ "Telemarketing: Overview" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-21. 
  3. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama rakow
  4. ^ Belt, Vicki; Richardson, Ranald; Webster, Juliet (2000). "Women's Work in the Information Economy". Information, Communication. 3 (3): 366–385. doi:10.1080/13691180051033315. 
  5. ^ Dykema, Diloreto, Price, White, Cate Schaeffer, Jennifer, Kerryann, Jessica L., Eric, Nora (Jul 2012). "ACASI Gender-of-Interviewer Voice Effects on Reports to Questions about Sensitive Behaviors Among Young Adults". Public Opin Q. 76 (2): 311–325. doi:10.1093/poq/nfs021. PMC 4079084alt=Dapat diakses gratis. PMID 24991062.