Pemarut putar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemarut putar atau penghalus makanan (bahasa Inggris: mouli grater) adalah peralatan dapur yang digunakan dengan tangan yang dirancang untuk memarut atau menghaluskan makanan dalam jumlah kecil. Alat ini terdiri dari drum logam kecil dengan lubang untuk memarut makanan dan pegangan untuk memutar drum.

Sisi depan pemarut putar
Tampak samping pemarut putar

Peranti genggam terdiri dari dua bagian dengan pegangan berengsel. Ujung salah satu pegangan berisi wadah makanan dengan silinder kisi dan engkol untuk memutar silinder. Bagian lainnya memiliki permukaan bulat yang berfungsi sebagai penjepit, menekan makanan yang akan diparut ke dalam silinder kisi. Pegangan berengsel dipegang dengan satu tangan dan diremas sehingga makanan menekan silinder kisi. Sementara itu, tangan yang lain memutar engkol sehingga silinder berputar dan makanan menjadi parut. Karena silindernya dapat dilepas, pemarut putar dapat dengan mudah digunakan oleh orang kidal maupun kinan hanya dengan menempatkan parutan dengan engkol di sisi yang diinginkan.

Parutan putar pertama kali dipatenkan di Prancis pada tahun 1940-an. Mouli adalah nama merek Prancis yang menjadi Moulinex pada tahun 1957, sebagian karena keberhasilan penggiling kopi elektrik dengan nama yang sama. Silinder kisi kisi yang mirip dengan yang digunakan dalam rancangan ini kemudian muncul di pengolah makanan dari perusahaan itu.

Ada tiga jenis tabung pada parutan putar: parutan halus, parutan sedang, dan pemotong penghasil irisan.