Pemandangan pinjaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan buatan

Borrowed scenery in the style of Song and Ming Dynasty gardens located at the Zhishan Garden
Nama Tionghoa
Hanzi: 借景
Nama Jepang
Kanji: 借景

Pemandangan buatan atau pemandangan pinjaman (借景; Jepang : shakkei ; Cina : jièjǐng [1] ) adalah prinsip "memasukkan bentang alam latar belakang ke dalam komposisi taman" yang ditemukan dalam desain taman tradisional Asia Timur. Istilah peminjaman pemandangan ("shakkei") berasal dari bahasa Cina, dan muncul dalam risalah taman abad ke-17 Yuanye .[2]

Rancangan dalam pemandangan pinjaman[sunting | sunting sumber]

Taman yang meminjam pemandangan dilihat dari sebuah bangunan dan dirancang sebagai suatu komposisi dengan empat esensi desain: 1) Taman harus berada di dalam lokasi bangunan; 2) Shakkei memerlukan kehadiran suatu objek untuk ditangkap secara hidup sebagai pemandangan pinjaman, yaitu pemandangan di gunung yang jauh misalnya; 3) Perancang mengedit tampilan untuk hanya menampilkan fitur yang ingin ditampilkannya; dan 4) Pemandangan yang dipinjam dihubungkan dan mencerminkan latar depan taman.[3]

Pemandangan pinjaman dan modernisme[sunting | sunting sumber]

Pemandangan pinjaman, sebagai teknik desain dikonsep dalam teori arsitektur modernis pada tahun 1960an. Pemahaman ini dibuat secara eksplisit di kalangan arsitek Jepang, yang menganggap upaya maksimal mereka adalah merancang kesinambungan ruang interior dan eksterior, yang merupakan topik utama dalam arsitektur modernis.[4] Arsitek Gaya Internasional dalam arsitektur modern memuji hal-hal seperti kesederhanaan dan ruang dalam arsitektur Jepang. Dilihat dari perspektif teori arsitektur, pemandangan pinjam dipandang sebagai plastisitas tiga dimensi yang tetap, sehingga shakkei biasanya diterjemahkan sebagai pemandangan "pinjaman".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stepanova, Jekaterina (2010). Kraushaar, Frank, ed. Eastwards: Western views on East Asian culture. Bern: Peter Lang. hlm. 162. ISBN 978-3-0343-0040-7. 
  2. ^ Kuitert, Wybe (2002). Themes in the history of Japanese garden art. Honolulu: University of Hawai'i Press. hlm. 177. ISBN 978-0-8248-2312-2. 
  3. ^ Itoh, T. (1973), Space and Illusion in the Japanese Garden (New York, Tokyo and Kyoto: Weatherhill / Tankosha, ISBN 978-0-8348-1522-3 pp. 29-32.
  4. ^ Wybe Kuitert (2015) "Borrowing scenery and the landscape that lends – the final chapter of Yuanye", Journal of Landscape Architecture, 10:2, 32.