Pemanas sentral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Unit pemanas sentral berbahan bakar kayu.
Puing-puing hypocaust yang ada di bawah lantai sebuah villa Romawi di La Olmeda, Provinsi Palencia (Castilla y León, Spanyol).

Pemanas sentral adalah sistem untuk menyebarkan kehangatan ke seluruh interior bangunan (atau bagian dari bangunan), dari satu titik hingga ke beberapa ruangan. Ketika dikombinasikan dengan sistem lain untuk mengendalikan iklim bangunan, keseluruhan sistem dapat berupa HVAC yang terdiri dari sistem pemanasan, ventilasi dan pendingin udara.

Awalnya, orang Yunani kuno yang pertama mengembangkan pemanas sentral. Kuil Efesus dipanaskan oleh cerobong yang ditanam di tanah, kemudian mengedarkan panas yang dihasilkan oleh api. Beberapa bangunan di Kekaisaran Romawi menggunakan sistem pemanas sentral, dengan cara menghantarkan udara yang dipanaskan oleh tungku pembakaran melalui ruang kosong yang ada di bawah lantai dan keluar melalui pipa saluran (dinamakan "caliduct") yang ada di dinding,[1] sistem ini disebut hypocaust.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harris, Cyril M. (2013-02-28). Illustrated Dictionary of Historic Architecture (dalam bahasa Inggris). Courier Corporation. ISBN 9780486132112. 
  2. ^ "BBC - Romans - Technology". BBC. Diakses tanggal 2008-03-24. 
  3. ^ "Hypocaust". Encyclopedic. Britannica Online. 2009. Diakses tanggal 2009-01-29.