Pemadanan kurungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemadanan kurungan, juga dikenal sebagai pencocokan kurung kurawal atau pencocokan tanda kurung, adalah fitur penyorotan sintaksis dari editor teks tertentu dan lingkungan pengembangan terintegrasi yang menyorot kumpulan tanda kurung yang cocok (tanda kurung siku, tanda kurung kurawal, atau tanda kurung) dalam bahasa seperti Java, JavaScript, dan C++ yang menggunakannya. Tujuannya adalah untuk membantu pemrogram menavigasi kode dan juga menemukan pencocokan yang tidak tepat, yang dapat menyebabkan program tidak dapat dikompilasi atau tidak berfungsi. Jika tanda kurung tutup tidak disertakan, misalnya, kompilator tidak akan mengetahui bahwa akhir suatu blok kode telah tercapai. Pencocokan braket sangat berguna ketika banyak pernyataan if bersarang, gelung program, dll. yang terlibat.

Penerapan[sunting | sunting sumber]

Perintah milik penyunting teks Vim dapat melakukan pemadanan kurungan, [1] dan NetBeans memiliki pemadanan kurungan bawaan. [2] Pemadanan kurungan juga dapat menjadi alat untuk navigasi kode. Di Visual Studio [3] C++ 6.0, perilaku pencocokan tanda kurung diatur untuk mengabaikan tanda kurung yang ditemukan di komentar. Di VSC 7.0, perilakunya diubah untuk menghitung tanda kurung komentar. [4] Colok-masuk Ruby on Rails IntelliJ IDEA juga memungkinkan pemadanan kurungan. [5] Telah diusulkan agar Perl 5 dimodifikasi untuk memfasilitasi pemadanan kurungan. [6] Bilah rumus Microsoft Excel 2003 memiliki tanda kurung yang cocok. Implementasinya menunjukkan semua pasangan tanda kurung sebagai warna yang berbeda, sehingga memungkinkan untuk menganalisis semuanya dengan mudah sekaligus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Norm Matloff's Text-Editor Web Page for Programming Students
  2. ^ "Overview (Editor Braces Matching)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-25. Diakses tanggal 2008-03-09. 
  3. ^ Automatic Brace Matching in Visual Studio
  4. ^ Feedback: braces matching behavior
  5. ^ "IntelliJ IDEA supports Ruby and Ruby on Rails | AjaxLine". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-22. Diakses tanggal 2008-03-09. 
  6. ^ Brace-matching for Perl Regular Expressions - perl6