Peluru suar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peluru suar 4-inchi milik Inggris dari Perang Dunia ke-2 , yang memperlihatkan fusi waktu (oranye, atas), senyawa penghasil cahaya (hijau) dan parasut (putih, bawah)

Peluru suar (bahasa Inggris: Star shell) adalah peluru yang digunakan untuk menerangi lingkungan dan untuk mengamankan visibilitas atau sinyal.

Peluru suar modern memiliki sumbu berwaktu yang mengeluarkan sebuah 'paket' suar melalui dasar selongsong di ketinggian tertentu di atas tanah (sekitar 600 meter), dari sana, selongsong tersebut perlahan-lahan turun dengan bantuan parasut anti-api, dan menerangi are di bawahnya. Proses ejeksi juga memicu suar piroteknik yang menghasilkan cahaya inframerah putih atau hitam.

Peluru suar ditembakkan dari sebuah M777 howitzer.

Biasanya suar akan bertahan sekitar 60 detik. Penerangan Inframerah diterapkan untuk meningkatkan performa alat-alat penglihatan malam hari. Cahaya hitam dan putih yang dihasilkan oleh peluru suar bisa digunakan terus untuk menerangi sebuah area dalam jangka waktu tertentu, dan dengan sedikit koordinasi, bahkan digunakan untuk area yang besar.

Peluru suar dengan warna beda juga dapat digunakan untuk menandakan target atau juga untuk kegunaan lainnya.