Pelukis Bisu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pelukis Bisu
Berkas:Pelukis bisu edisi Indonesia.jpeg
Edisi Indonesia
PengarangAlex Michaelides
NegaraBritania Raya
PenerbitCeladon Books
Tanggal terbit
5 Februari 2019
Halaman336
ISBNISBN 9781250301697

Pelukis Bisu adalah novel thriller psikologis tahun 2019 yang ditulis oleh penulis Inggris–Siprus Alex Michaelides. Novel debutnya diterbitkan oleh Celadon Books, sebuah divisi dari Penerbit Macmillan, pada 5 Februari 2019.[1] Versi buku audio, dirilis pada tanggal yang sama, dibaca oleh Louise Brealey dan Jack Hawkins.[1] Kisah ini narasi dari seorang psikoterapis Inggris, Theo Faber, berurusan dengan seorang pasien yang berubah menjadi bisu setelah membunuh suaminya. Setelah dirilis, buku tersebut memulai debutnya di The New York Times Daftar Best Seller di No.1.[2] Ia kemudian memenangkan Goodreads Choice Award 2019 dalam kategori Misteri dan Thriller.[3]

Menulis[sunting | sunting sumber]

Saat menulis novel debutnya, penulis Michaelides, yang juga seorang penulis skenario, mengatakan, "Saya merasa sangat kecewa sebagai penulis skenario. Saya terus melihat skrip yang hancur dalam produksi dan rasa frustrasi ini membuat saya memutuskan untuk duduk dan akhirnya menulis. sebuah novel."[4] Dia menulis ulang draf sekitar 50 kali sebelum menyelesaikannya. Tragedi Athenian Alcestis, oleh Euripides, menjadi inspirasi plot, sementara struktur naratifnya dipengaruhi oleh Agatha tulisan Christie.[4] Michaelides memutuskan untuk menyetel novelnya di unit psikiatri karena dia pernah bekerja di fasilitas psikiatri yang aman untuk remaja saat dia menjadi mahasiswa psikoterapi.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Alicia Berenson, seorang pelukis terkenal, dinyatakan bersalah atas pembunuhan suaminya, fotografer Gabriel Berenson. Karena permohonan tanggung jawab berkurang, dia dirawat di unit forensik aman yang disebut Grove. Theo Faber, seorang psikoterapis forensik yang tertarik dengan kasus Berenson, berhasil melamar posisi di Grove. Atas permintaannya, dia ditempatkan sebagai penanggung jawab Alicia, yang tidak berbicara sejak hari pembunuhan. Meskipun dia tetap bisu selama sesi terapi mereka, Alicia memberi Theo buku hariannya. Di dalamnya, dia menggambarkan sedang diawasi di rumahnya oleh seorang pria bertopeng di minggu-minggu sebelum pembunuhan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Alicia, Theo menghubungi sepupunya. Dia menceritakan sebuah insiden dari masa kecil mereka yang terjadi tak lama setelah ibunya bunuh diri. Ayah Alicia, dalam duka yang mendalam untuk istrinya, berharap agar Alicia mati sebagai gantinya. Theo mengerti bahwa ini memiliki dampak yang mendalam pada jiwanya. Dia mengulangi episode kembali padanya, yang mendorong dia untuk berbicara. Dia mengatakan kepadanya bahwa pria bertopeng memasuki rumahnya dan membunuh Gabriel.

Terungkap bahwa Theo adalah pria bertopeng. Dia telah masuk ke rumah Berenson untuk menghadapi Gabriel, yang telah berselingkuh dengan istri Theo. Memegang mereka di bawah todongan senjata, Theo telah memberi Gabriel pilihan untuk menyelamatkan dirinya sendiri atau istrinya, dan dia memilih yang pertama. Theo pergi tanpa menembak salah satu dari mereka, karena dia hanya bermaksud untuk mengekspos keegoisan Gabriel. Pengkhianatan Gabriel mengingatkan Alicia pada ayahnya, dan dia membunuhnya. Mendengar kabar tersebut, Theo berencana membantu Alicia pulih dari traumanya dengan menjadi terapisnya.

Ketika Alicia memberi tahu Theo kisah palsu tentang pria bertopeng, dia menyadari bahwa dia mengenalinya. Dia mencoba untuk membunuhnya melalui overdosis obat. Tanpa sepengetahuan Theo, Alicia mencatat peristiwa di buku hariannya sebelum kehilangan kesadaran, yang ditemukan oleh polisi. Mereka pergi ke rumah Theo dan mulai membacakan entri terakhir Alicia, sementara dia merasa lega karena tertangkap.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Novel ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus. The Independent memuji buku untuk plot, karakter dan gaya, menulis: "[buku ini] cukup jelas untuk menjamin melahapnya dalam sehari [...] tulisannya tajam dan rapi, gayanya rapi dan ringkas, padat dengan detail yang asing."[6] The Guardian setuju, memuji "prosa yang padat dan tidak berantakan" dan "pembangunan ketegangan yang terampil sampai akhir novel yang mengejutkan". Deccan Herald menyebutnya "plot yang cerdas ditambah dengan studi karakter yang menarik, dan akhirnya pukulan berdampak yang membuat Anda terperangah." The Washington Post memuji plotnya sebagai "segar" tetapi mengkritik "kiasan horor hacky, adegan basi dan karakter red herring yang lucu dan licik."[7] Ulasan negatif lainnya datang dari Kirkus Reviews, yang menyorot buku itu sebagai "canggung, dibuat-buat, dan konyol [...] dengan twist yang akan dilihat oleh pembaca yang cerdas dari jarak satu mil."[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Silent Patient – Alex Michaelides". US Macmillan. 14 June 2016. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony. "Annapurna & Plan B Developing New York Times Bestseller 'The Silent Patient' For Big Screen – Deadline". Deadline – Hollywood Entertainment Breaking News. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  3. ^ "Goodreads Choice Awards 2019". Goodreads. 
  4. ^ a b Hadjioannou, Bouli (23 July 2019). "Alex Michaelides: The Cypriot author behind the New York Times bestseller". in-cyprus.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-07. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  5. ^ Somers, Jeff (24 April 2019). "Agatha Christie, Sleight of Hand, and Psychological Complexity: An Interview with The Silent Patient Author Alex Michaelides". Barnes & Noble Reads. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  6. ^ Coughlan, Claire (23 February 2019). "The Silent Patient: High-octane debut lives up to its hype". independent. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  7. ^ Rosenblit, Rachel (16 June 2020). "'The Silent Patient' ends with a major twist. Should a savvy reader have seen it coming?". Washington Post. Diakses tanggal 7 July 2020. 
  8. ^ "THE SILENT PATIENT". Kirkus Reviews. Diakses tanggal 7 July 2020.