Pelecehan terhadap lansia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Luka penyiksaan oleh pengasuhnya pada seorang lansia.

Pelecehan terhadap lansia (juga disebut penganiayaan terhadap lansia, pelecehan di kemudian hari, penyalahgunaan terhadap lansia, pelecehan terhadap wanita lansia, dan pelecehan terhadap pria lansia) adalah "tindakan tunggal atau berulang, atau kurangnya tindakan yang tepat, yang terjadi dalam suatu hubungan di mana terdapat harapan akan kepercayaan, yang menyebabkan kerugian atau kesusahan pada orang yang lebih tua".[1] Definisi ini diadopsi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari definisi yang dikemukakan oleh Hourglass (sebelumnya Action on Elder Abuse) di Inggris.[2] Undang-undang yang melindungi lansia dari pelecehan serupa dan terkait dengan undang-undang yang melindungi orang dewasa yang menjadi tanggungan dari pelecehan.

Hal ini mencakup kerugian yang dilakukan oleh orang yang dikenal atau memiliki hubungan dengan lansia, seperti pasangan atau anggota keluarga; teman atau tetangga; atau orang-orang yang diandalkan oleh lansia untuk mendapatkan layanan. Banyak bentuk pelecehan terhadap lansia yang diakui sebagai jenis kekerasan dalam rumah tangga atau kekerasan keluarga karena dilakukan oleh anggota keluarga. Pengasuh yang dibayar juga diketahui melakukan pelecehan terhadap klien lansia mereka.

Pelecehan terhadap lansia oleh pengasuh merupakan masalah yang mendunia. Pada tahun 2002, WHO menarik perhatian internasional terhadap masalah pelecehan terhadap lansia.[3] Selama bertahun-tahun, lembaga pemerintah dan kelompok komunitas profesional di seluruh dunia telah menetapkan pelecehan terhadap lansia sebagai masalah sosial.[4] Pada tahun 2006, Jaringan Internasional untuk Pencegahan Pelecehan Lansia (INPEA) menetapkan tanggal 15 Juni sebagai Hari Kesadaran Pelecehan Lansia Sedunia (WEAAD), dan semakin banyak acara yang diadakan di seluruh dunia pada hari ini untuk meningkatkan kesadaran akan pelecehan lansia dan menyoroti cara-cara untuk menantang pelecehan tersebut.[5]

Tipe[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa jenis pelecehan terhadap lansia secara umum, antara lain:[6][7][8]

  1. Fisik: mis. memukul, meninju, menampar, membakar, mendorong, menendang, mengekang, memenjarakan/mengurung, memberikan pengobatan secara berlebihan atau tidak patut serta tidak melakukan pengobatan.
  2. Psikologis, emosional: mis. mempermalukan seseorang. Tema yang umum adalah pelaku yang mencari tahu sesuatu yang penting bagi lansia dan kemudian menggunakannya untuk memaksa lansia melakukan tindakan tertentu. Bentuknya bisa berupa verbal seperti membentak, mencaci-maki, mengejek, terus-menerus mengkritik, menuduh, menyalahkan, atau bentuk nonverbal seperti mengabaikan, membungkam, menjauhi, atau menarik kasih sayang.
  3. Penyalahgunaan keuangan bagi lansia: juga dikenal sebagai eksploitasi keuangan atau penyalahgunaan ekonomi, yang melibatkan penyelewengan sumber daya keuangan oleh anggota keluarga, pengasuh, atau orang asing, atau penggunaan sarana keuangan untuk mengendalikan orang tersebut atau memfasilitasi jenis pelecehan lainnya. Juga, kegagalan untuk memberikan dukungan keuangan kepada para lansia miskin di wilayah hukum yang mempunyai undang-undang tanggung jawab berbakti, seperti Perancis, Jerman, dan sebagian besar Amerika Serikat.
  4. Seksual: mis. memaksa seseorang untuk melakukan aktivitas seksual apa pun tanpa persetujuannya, termasuk memaksa seseorang untuk ikut serta dalam percakapan yang bersifat seksual di luar kehendaknya; yang mungkin juga mencakup situasi di mana orang tersebut tidak lagi mampu memberikan persetujuan (demensia).
  5. Pengabaian: mis. merampas seseorang dari perawatan medis yang layak, makanan, pemanas, pakaian, kenyamanan, pengobatan penting, atau merampas layanan yang dibutuhkan seseorang untuk memaksakan tindakan tertentu, finansial dan lainnya. Pengabaian dapat mencakup meninggalkan lansia yang berisiko (yaitu risiko jatuh) tanpa pengawasan. Pengabaian ini mungkin disengaja (pengabaian aktif) atau terjadi karena kurangnya pengetahuan atau sumber daya (pengabaian pasif).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Types of abuse". We are Hourglass. Diakses tanggal October 12, 2007. 
  2. ^ "Abuse of older people". www.who.int (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-25. 
  3. ^ Cook-Daniels, L., (2003). "2003 is the year elder abuse hits the international state." Victimization of the Elderly and Disabled. 5 (76), 65-66 ISSN 1098-5131
  4. ^ Rinkler, A.G. (2009). "Recognition and perception of elder abuse by prehospital and hospital-based care providers". Archives of Gerontology and Geriatrics. 48 (1): 110–115. doi:10.1016/j.archger.2007.11.002. PMID 8160115. 
  5. ^ "World Elder Abuse Prevention Day". INPEA (dalam bahasa Inggris). The International Network for the Prevention of Elder Abuse. Diakses tanggal June 26, 2007. 
  6. ^ "Elder Abuse". medlineplus.gov. Diakses tanggal 2020-04-30. 
  7. ^ Robinson, Lawrence; De Benedictis, Tina; Segal, Jeanne (November 2012). "Elder Abuse and Neglect". Help Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 December 2012. Diakses tanggal 15 December 2012. 
  8. ^ "What is Elder Abuse?". Administration on Aging. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 December 2012. Diakses tanggal 17 December 2012.