Peleburan ulang terak elektro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peleburan ulang elektroslag atau Electroslag remelting (ESR), juga dikenal sebagai peleburan kembali elektro-fluks, adalah proses smelting peleburan ulang remelting dan pemurnian baja dan paduan lainnya untuk aplikasi penting dalam pesawat terbang, pembangkit listrik termal, pembangkit listrik tenaga nuklir, teknologi militer dan lain-lain.[1][2][3]

Proses peleburan kembali elektroslag (ESR) digunakan untuk melebur kembali dan memurnikan baja dan berbagai paduan super, sehingga menghasilkan ingot berkualitas tinggi. Proses ini dapat dimulai melalui peleburan induksi vakum. Proses ESR menggunakan paduan as-cast sebagai elektroda habis pakai. Arus listrik (umumnya AC) dialirkan antara elektroda dan ingot baru, yang terbentuk di bagian bawah cetakan tembaga berpendingin air. Ingot baru ditutupi dengan terak rekayasa yang dipanaskan secara berlebihan oleh arus listrik. Ujung elektroda perlahan meleleh karena kontak dengan terak. Tetesan logam ini mengalir melalui terak ke dasar cetakan berpendingin air dan perlahan membeku saat ingot dipadatkan secara terarah ke atas dari dasar cetakan. Kolam terak mengapung di atas paduan yang dimurnikan, terus mengambang ke atas saat paduan tersebut mengeras. Logam cair dibersihkan dari kotoran yang bereaksi secara kimia dengan terak atau mengapung ke atas kolam cair saat tetesan cair melewati terak.

Peleburan kembali elektroslag menggunakan terak yang sangat reaktif (kalsium fluorida, kapur, alumina, atau oksida lainnya biasanya merupakan komponen utama) untuk mengurangi jumlah sulfida tipe-A yang ada dalam paduan biometal . Ini adalah praktik umum di industri Eropa. ESR juga mengurangi jenis inklusi lainnya , dan dipandang sebagai alternatif terhadap metode peleburan kembali busur vakum (VAR) yang lazim di industri AS.

Contoh penggunaan teknik baja electro-slagrefined (ESR) adalah meriam tank L30.

CrNi60WTi adalah baja tahan karat yang paling baik dibentuk melalui peleburan kembali terak elektro atau peleburan kembali busur vakum. Paduan ini dapat digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roger C. Reed (2006), The Superalloys: Fundamentals and Applications, Cambridge University Press, ISBN 978-0-521-85904-2 
  2. ^ Article title
  3. ^ Jalilov, Orkhan (November 5, 2019). "US Imposes Sanctions On Iran's Construction Sphere". Caspian News.