Pelayanan Kesehatan St. Carolus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Sint Carolus
Pemerintah DKI Jakarta
Coat of arms of Jakarta.svg
Geografi
LokasiJalan Salemba Raya 41, Paseban, Senen, Jakarta Pusat 10440, DKI Jakarta, Indonesia
Organisasi
Direkturdr.JB. Endrotomo, Sp.OT.
Sejarah
Didirikan21 Januari 1919
Pranala
Situs webwww.rscarolus.or.id

Rumah Sakit St. Carolus atau Sint Carolus adalah sebuah rumah sakit umum di Jakarta Pusat, Indonesia. Rumah Sakit St. Carolus didirikan oleh Perhimpunan St. Carolus (St. Carolus Vereeniging) sebagai badan sosial yang mengelola rumah sakit, dan pada 13 Januari 1919 secara resmi diberkati oleh Vikaris Apostolik Batavia Mgr. Edmundus Luypen, S.J. Saat pertama kali dibuka untuk umum, rumah sakit ini hanya memiliki kapasitas 40 tempat tidur.

Pada masa penjajahan Jepang, para dokter dan karyawan rumah sakit sempat ditawan. Rumah Sakit St. Carolus dapat berjalan terus berkat kegigihan Uskup Albertus Soegijapranata SJ dan Uskup Petrus Johannes Willekens SJ menghadapi penguasa pendudukan pemerintah Jepang, meskipun dalam pengasingan. Saat itu pengelolaannya sementara di serahkan kepada para biarawati dari Ordo Cinta Kasih Carolus Borromeus.

Pada tahun 1980, nama rumah sakit diubah menjadi Pelayanan Kesehatan St. Carolus (disingkat PK St. Carolus, atau PKSC) untuk menggambarkan perhatian dan orientasi yang semakin luas terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. PK St. Carolus telah mendapatkan akreditasi penuh dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia di bidang administrasi manajemen, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, dan rekam medis pada tahun 1997.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]