Pelantikan kedua Barack Obama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pelantikan Presiden
Barack Obama 2013
Barack Obama holds his right hand in the air as Michelle Obama looks at him and Malia and Sasha Obama watch as a balding man whose back is to the camera looks down.
Barack Obama mengambil sumpah dalam upacara tertutup di Gedung Putih untuk masa jabatan keduanya sebagai Presiden Amerika Serikat.
Partisipan Presiden Amerika SerikatBarack H. Obama II
Pelaksana jabatan
Ketua Mahkamah Agung Amerika Serikat, John G. Roberts, Jr.
Penyumpah
Wakil Presiden Amerika Serikat Joseph R. Biden, Jr.
Pelaksana jabatan
Hakim Pembantu Mahkamah Agung Amerika Serikat, Sonia Sotomayor
Penyumpah

Komite Gabungan Kongres Amerika Serikat untuk Upacara Pelantikan
Lokasi

Resmi (Obama): Gedung Putih
Resmi (Biden): United States Naval Observatory

Publik: United States Capitol
Washington, D.C.
Tanggal

Resmi: 20 Januari 2013 (2013-01-20) (1 tahun lalu)

Publik: 21 Januari 2013
Website inaugural.senate.gov
Artikel ini adalah bagian dari seri tentang
Barack Obama

Pelantikan kedua Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat ke-44 dilaksanakan dalam sebuah upacara sumpah jabatan tertutup pada hari Minggu, 20 Januari 2013; upacara pelantikan publik baru akan diselenggarakan pada hari Senin, 21 Januari 2013. Pelantikan ini menandakan awal dari masa pemerintahan kedua Barack Obama sebagai Presiden dan Joe Biden sebagai Wakil Presiden.

Seperti yang tercantum dalam Amandemen Konstitusi Amerika Serikat ke-20, semua presiden yang dilantik sejak 1933 memulai masa jabatan barunya pada siang tanggal 20 Januari EST. Karena 20 Januari jatuh pada hari Senin, dua upacara akan diselenggarakan (satu tertutup dan satu publik). Pelantikan resmi dan tertutup Presiden Obama dilaksanakan pada Minggu, 20 Juni di Gedung Putih, sementara pelantikan tertutup Wakil Presiden Biden dilaksanakan pada hari yang sama di Naval Observatory.[1] Upacara pelantikan publik Obama dan Biden diselenggarakan pada Senin, 21 Januari di United States Capitol. Tanggal 20 Januari, Ketua Mahkamah Agung John Roberts memimpin penyumpahan presiden pada acara resmi di Gedung Putih, dan Hakim Sonia Sotomayor memimpin penyumpahan wakil presiden pada acara tertutup di Naval Observatory. Baik Ketua MA Roberts dan Hakim Pembantu Sotomayor memimpin penyumpahan presiden dan wakil presiden pada upacara pelantikan publik di United States Capitol tanggal 21 Januari.[2][3]

Senator Amerika Serikat Chuck Schumer (D-NY) menjadi ketua Komite Gabungan Kongres Amerika Serikat untuk Upacara Pelantikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Inaugural Weekend". Presidential Inaugural Committee 2013. January 2013. Diakses January 20, 2013. 
  2. ^ Jackson, David (March 28, 2012). "2013 inaugural ceremony to be pushed back a day". USA Today. Diakses January 10, 2013. 
  3. ^ Fabian, Jordan (January 4, 2013). "Justice Sotomayor to Swear in Biden at Inauguration". ABC News. Diakses January 10, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]