Pelantikan kaisar Bizantium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Proses penobatan (bahasa Yunani: στέψιμον, dilatinkan: stépsimon, atau στεφάνωσις, stephánosis) merupakan tindakan simbolis utama dalam mengakses takhta seorang kaisar, kaisar bersama, atau permaisuri Bizantium. Berakar pada tradisi Romawi pemilihan oleh Senat atau acclamation oleh pasukan, upacara ini berkembang dari suatu peristiwa yang relatif sederhana menjadi sebuah ritual kompleks seiring berjalannya waktu.

Pada abad ke-5 hingga ke-6, penobatan secara bertahap menjadi terstandarisasi, dengan kaisar baru muncul di depan rakyat dan pasukan di Hippodrome Constantinople, tempat dia dimahkotai dan diacclaim. Selama periode yang sama, unsur-unsur keagamaan, terutama kehadiran Patriark Konstantinopel, menjadi prominennya dalam apa yang sebelumnya merupakan upacara murni militer atau sipil. Mulai abad ke-7 awal, upacara penobatan biasanya diadakan di sebuah gereja, terutama Hagia Sophia, katedral patriarkal Constantinople. Keterkaitan upacara penobatan dengan Constantinople dan Hagia Sophia menjadi begitu erat sehingga bahkan kaisar yang telah diumumkan dan dimahkotai di luar ibu kota sebagai pemberontak militer atau penjuru kekuasaan biasanya mengulangi penobatan mereka di ibu kota setelah memenangkan kekuasaan.

Ritual ini tampaknya telah terstandarisasi pada akhir abad ke-8 dan mengalami sedikit perubahan setelahnya. Melibatkan penghormatan dari Senat, prosesi menuju Hagia Sophia, dan pembagian hadiah kepada rakyat. Upacara penobatan khusus diadakan, di mana kaisar atau permaisuri yang akan dimahkotai mengganti pakaian penobatan di dalam gereja. Proses penobatan dilakukan oleh patriark, kecuali jika seorang kaisar berkuasa memahkotai seorang rekan-pemimpin atau istrinya. Sebelum atau setelah tindakan penobatan, kaisar menerima acclamation dari tokoh-tokoh terhormat, pasukan, dan rakyat. Perubahan utama dalam upacara tersebut adalah penambahan pengurapan kaisar pada awal abad ke-13, kemungkinan di bawah pengaruh Eropa Barat, meskipun ini diperdebatkan oleh para sarjana; dan penyegaran praktik kuno akhir membawa kaisar di atas perisai pada tahun 1250-an. Ritual penobatan Bizantium memengaruhi negara-negara Ortodoks Timur lainnya, terutama Rusia, dan sering menjadi subjek seni Bizantium, di mana penguasa digambarkan menerima mahkota mereka langsung dari Kristus, Theotokos, atau malaikat.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]