Pelana sepeda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tipe variasi pelana sepeda

Pelana sepeda atau kursi sepeda adalah salah satu dari lima titik kontak pada sepeda tegak, yang lainnya adalah dua pedal dan dua pegangan pada setang. (Kursi sepeda dalam arti khusus juga menopang bagian belakang.) Sadel sepeda telah dikenal demikian sejak sepeda berevolusi dari draisine, cikal bakal sepeda.[1][2] Ini melakukan peran yang sama seperti pelana kuda, tidak menanggung semua beban pengendara karena titik kontak lainnya juga mengambil sebagian beban.

Sadel sepeda biasanya dipasang pada tiang pengaman dan ketinggian sadel biasanya dapat disesuaikan dengan tiang pengaman yang teropong masuk dan keluar dari tabung pengaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tony Dadland; Hans-Erhard Lessing (2014). Bicycle Design: An Illustrated History. MIT Press. hlm. 17. Before starting, one has to screw the saddle just to such a height that the feet still stand on the ground... 
  2. ^ Oxford English Dictionary. 4. Tempat duduk tetap untuk pengendara sepeda, sepeda motor, dll. 1819 Belles-lettres Repository 31 Mei 2 Velocipede, atau Swift-walker ... terdiri dari dua roda, satu di belakang yang lain, dihubungkan dengan tempat bertengger, di mana sebuah pelana ditempatkan untuk tempat duduk para pengembara… Pelana dapat dinaikkan atau diturunkan..senang, dan dengan demikian disesuaikan dengan ketinggian berbagai orang. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]