Pelambar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelambar logam vertikal diaplikasikan pada dinding untuk membuat saluran dan menerima material pelapis dinding

Dalam konstruksi, pelambar adalah potongan kayu atau bahan lain yang diaplikasikan pada suatu struktur untuk meratakan atau meninggikan permukaan, untuk mencegah kelembapan, memberi ruang untuk insulasi, untuk meratakan dan melapisi kembali langit-langit atau dinding, [1] atau untuk menambah balok kapal kayu.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Potongan pelambar biasanya berukuran 1 x 2 atau 1 x 3 inci. Mereka dapat diletakkan tegak lurus pada tiang atau balok dan dipaku, atau dipasang secara vertikal pada permukaan dinding yang ada. Jarak antar balok tergantung pada jenis bahan finishing. Jarak yang lebih lebar biasanya digunakan di belakang papan berat yang menopang ubin keramik. Blk dengan jarak yang berdekatan diperlukan untuk panel tipis atau plester. Namun, penggunaan balok dengan plester disebut belebas dan plester.  [2]

Balok pelambar logam digunakan untuk proyek komersial, atau di kota-kota di mana elemen pendukung tahan api diwajibkan oleh peraturan bangunan setempat. Sering disebut "saluran topi" untuk menggambarkan profil (penampang), saluran ini terdiri dari dua flensa di setiap sisi berbentuk trapesium, tebal 7/8 inci.

Pelambar juga digunakan untuk menyokong material atap dan dapat dilihat di bawah atap gudang dan gudang, namun kini lebih jarang digunakan dan digantikan oleh kayu lapis yang hemat tenaga kerja. Tembok kering telah menjadi bahan penyelesaian dinding interior yang paling umum dan tidak memerlukan furring karena kekuatannya. Pelambar masih digunakan dalam pekerjaan renovasi untuk mengisi bagian yang tidak rata untuk pelapisan ulang, atau untuk menambah ruang untuk insulasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "furring" def. 2.b and 2.c. Oxford English Dictionary Second Edition on CD-ROM (v. 4.0) © Oxford University Press 2009
  2. ^ Ten Tips for Great Stucco by Bruce Bell