Pelacakan burung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pelacakan burung menyediakan sebuah cara untuk menilai habitat berbagai dan perilaku burung tanpa pernah melihat burung. Pelacakan burung termasuk di bawah kategori pelacakan yang berhubungan dengan pelacakan hewan. Panduan untuk pelacakan burung telah diterbitkan.[1] Pelacakan birung digunakan oleh naturalis untuk menilai burung-burung apa saja yang terdapat di dalam suatu ekosistem bahkan jika burung ini jarang terlihat.

Pengumpulan Data[sunting | sunting sumber]

Di Pasifik Barat laut Amerika Serikat, sebuah program yang disebut NatureMapping mengumpulkan data dengan cara mendidik masyarakat dan mengajari mereka mengumpulkan data mereka dalam aplikasi citizen science. Data yang dapat dikumpulkan di lapangan dengan menggunakan pilot palm genggam dan sistem GPS akan mempersingkat proses pengumpulan. Program gratis ini disebut CyberTracker. Dalam rangka untuk memastikan bahwa data yang diperoleh dapat diandalkan, sistem evaluasi pelacak telah dimasukkan ke dalam tempat itu melalui organisasi CyberTracker.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mark Elbroch; Eleanor Marks; C. Diane Boretos (2001). Bird Tracks & Sign : A Guide to North American Species. Stackpole Books. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]