Pelabuhan Garston

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dermaga Garston, Liverpool, 1962

Pelabuhan Garston, juga dikenal sebagai Dermaga Garston adalah sistem dermaga pasang surut tertutup di Sungai Mersey di Garston, kira-kira 6 mil dari pusat Kota Liverpool, Inggris. Dioperasikan oleh Associated British Ports.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Garston awalnya didirikan oleh St. Helens and Runcorn Gap Railway Company pada Juni 1853. Pelabuhan ini terdapat Dermaga Lama, Dermaga Utara, dan Dermaga Stalbridge.

Pada tahun 1936, 3 dermaga memiliki 28,5 acre (11,5 ha) air, 70 mil (110 km) dinding, 80 acre (32 ha) penyimpanan dan menangani sekitar dua juta ton barang per tahun.[1]

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan ini mencakup area 65 hektar. Pelabuhan menangani sekitar 425 ribu kargo impor per tahun. Garston tidak lagi melakukan pengeksporan kargo. Barang yang biasanya datang berupa pupuk, semen, batu, bahan bangunan, kargo umum dan agribulk. Impor gandum, baja, dan garam serta ekspor barang bekas telah dipindahkan ke fasilitas pelabuhan lain baik pelabuhan lokal maupun di tempat lain di Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Antara 2012 dan 2017, ABP menghabiskan beberapa juta pound dalam investasi penting, mengganti gerbang kunci, fasilitas penyimpanan tambahan, dan pembelian kapasitas derek baru.[2] Derek yang dibeli telah dipindahkan dalam ABP ke Newport Juni 2022. Tanah ABP yang dianggap tidak penting untuk operasi pelabuhan telah dijual untuk pembangunan perumahan yang sekarang berbatasan dengan bagian dari kawasan pelabuhan.

Dengan fasilitas pengangkutan multimoda yang sangat baik, Pelabuhan Garston menawarkan pintu gerbang yang ideal ke jantung industri di Barat Laut Inggris dan akses mudah ke kota-kota besar seperti Liverpool dan Manchester.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Railway Magazine December 1936 LMS advert
  2. ^ Houghton, Alistair (2 April 2017). "What is the port of Garston and what does it do?". liverpoolecho. Diakses tanggal 19 May 2018. 
  3. ^ "Port of Garston". ABP Property. Diakses tanggal 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]