Pedipalp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laba-laba lynx loreng jantan, menunjukkan pedipalpnya yang besar.
Pedipalp pada ilustrasi tampak depan dari pedipalp Kalajengking cambuk dalam warna hijau.


Pedipalp (umumnya disingkat menjadi palps atau palpi) adalah pasangan kedua dari anggota badan depan yang dapat ditemukan pada chelicerata, yaitu sebuah kelompok artropoda yang mencakup laba-laba, belangkas, kalajengking dan laba-laba laut. Pedipalp tertetak disamping chelicera, dan berada didepan pasangan kaki (yang digunakan untuk berjalan) paling depan.

Pedipalp terdiri dari enam segmen atau artikulasi. Dari ujung proksimal (tempat mereka terpasang di badan artropoda) hingga bagian paling ujung (distal), segmen tersebut adalah: coxa, trochanter, femur, patella pendek, tibia, dan tarsus. Pada laba-laba, coxa umumnya memiliki sebuah bagian tambahan yang disebut dengan maksila atau gnathobase, yang dapat digunakan sebagai anggota mulut yang digunakan untuk makan, dibantu dengan coxa dan kaki paling anterior. Pedipalp sendiri barangkali merupakan sebuah organ peraba sederhana mirip kaki seperti yang ditemukan pada laba-laba, atau berupa senjata yaitu chela (umum dikenal sebagai capit) seperti pada kalajengking dan kepiting. Pedipalp pada Solifugae ditutupi oleh seta, namun masih belum dipelajari secara detail.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cushing, Paula; Casto, Patrick (2012). "Preliminary survey of the setal and sensory structures on the pedipalps of camel spiders (Arachnida: Solifugae)". The Journal of Arachnology. 40 (1): 123–127. doi:10.1636/B11-71.1. Diakses tanggal 5 September 2020.