Payot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Payot
Teks Halakha yang terkait artikel ini:
Taurat: Imamat 19:27
Talmud Babel: Makkot 20a
Mishneh Torah: Avodath Kokhavim 12:6
Shulchan Aruch: Yoreh Deah 181
* Tidak dimaksudkan sebagai suatu Posek (aturan definitif). Sejumlah pelaksanaan mungkin berdasarkan sastra rabbinik, minhag (kebiasaan) atau Taurat.

Payot (Ibrani: פֵּאָה; jamak: פֵּאוֹת), juga dibaca pe'ot, peyot; atau payos, peyos, peyois, payois dalam pelafalan Ashkenazi, adalah istilah dalam bahasa Ibrani yang mengacu kepada tepi rambut berkeliling. Payot dimiliki oleh laki-laki Yahudi Ortodoks berdasarkan penafsiran Alkitab yang melarang pemotongan "tepi rambut" seseorang. Secara harfiah, pe'ah berarti "sudut, sisi, ujung". Terdapat beberapa gaya payot di kalangan Haredi / Hasidik, Yaman, dan Chardal. Orang Yahudi Yaman menyebut tepi rambut mereka simonim (סִימָנִים), yang berarti "tanda" secara harfiah karena tepi rambut mereka yang berkeliling menjadi penanda yang membedakan mereka dari orang-orang Yaman lainnya yang bukan Yahudi.

Penafsiran[sunting | sunting sumber]

Taurat memerintahkan "Janganlah kamu mencukur pe'at (פְּאַת) kepalamu" (Imamat 19:27). Kata pe'at ditafsirkan sebagai rambut di depan telinga yang menjalar hingga ke bawah tulang pipi, setingkat dengan hidung (TalmudMakkot 20a).[1] Mishnah menanggap kewajiban ini hanya berlaku untuk laki-laki. Menurut Maimonides, praktik memotong tepi rambut merupakan praktik bidaah.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shaving in Judaism". Judaism.about.com. 2009-06-11. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-01-05. Diakses tanggal 2013-11-10. 
  2. ^ Shulchan Aruch, Yoreh Deah:181