Lompat ke isi

Pelatihan hewan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pawang hewan)
Seorang pawang hewan sedang melakukan pertunjukan bersama seekor angsa.

Pelatihan hewan adalah tindakan mengajari hewan agar mereka memberikan respons khusus terhadap kondisi atau rangsangan tertentu. Pelatihan dilakukan antara lain untuk membentuk persahabatan dan kemitraan, mengajarkan kemampuan deteksi, melindungi sesuatu, dan keterampilan untuk menghibur. Jenis pelatihan yang diterima hewan akan bervariasi tergantung pada metode pelatihan yang digunakan dan tujuan pelatihan hewan tersebut. Sebagai contoh, anjing pemandu akan dilatih untuk mencapai tujuan yang berbeda dari hewan liar di sirkus.

Di beberapa negara terdapat lembaga sertifikasi khusus untuk pelatih hewan. Meskipun demikian, lembaga-lembaga tersebut tidak memiliki tujuan atau persyaratan yang sama dan konsisten; mereka juga tidak menghalangi seseorang untuk berpraktik sebagai pelatih hewan atau menggunakan gelar tersebut. Pelatih hewan harus mempertimbangkan perilaku alami hewan dan bertujuan untuk mengubah perilaku melalui sistem dasar penghargaan dan hukuman.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boakes), R.A.; McGreevy, P.D. (2011). Carrots and Sticks: Principles of Animal Training. Sydney University Press. ISBN 9781921364150.