Paulus dari Salib

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Paulus dari Salib adalah seorang paderi militer, pendiri Ordo Pasionis dan seorang santo yang diakui oleh Gereja Katolik. Nama aslinya adalah Paolo Danei, lahir tanggal 3 januari 1694 di Ovada, Italia dari keluarga pedagang tekstil, dan meninggal di Roma tanggal 8 Oktober 1775. Paolo Danei kelak dikenal sebagai Paulus dari Salib. Paolo Danei menempuh pelajaran teologia di Biara Santo Fransiskus Asisi dan masa latihan rohani di Rumah Serikat Yesus. Paul dan rekan koleganya kemudian ditabiskan menjadi imam oleh Bapa Suci tanggal 7 Juni 1727 di usia 35 tahun dengan nama imamat Paulus dari Salib.

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Semasa kecil Paolo dididik oleh ibunya segala hal tentang kristus yang di salib. Kelak ajaran sang ibu tersebut menginspirasinya untuk memakai nama salib suci sebagai nama imamatnya. Saat berusia 7 tahun, Paolo dan adiknya John Baptista terselamatkan dari kejadian tenggelamnya mereka di sungai St. Olba oleh seorang wanita misterius yang amat cantik. Hingga kini, untuk mengenang peristiwa tersebut, ada tulisan pada jembatan di sungai St Olba yang berbunyi: "Paulus dari Salib dan adiknya John Baptista sewaktu kecil jatuh ke dalam sungai ini dan secara ajaib sekali diselamatkan oleh Santa Perawan Maria."

Karya[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 4 juli 1741 Paulus dari Salib mendapatkan restu dari Tahta Suci Roma atas Ordo Pasionis yang telah diperjuangkan selama 21 tahun dengan lambang Salib Putih dan lambang sengsara Yesus Kristus. Bertepatan dengan hari itu, Paul Salib Suci dengan kotbahnya mampu mempertobatkan 10.000 tentara Italia, Perancis dan Jerman Vlaanderen. Ordo Pasionis berkarya juga di Indonesia, yaitu di daerah Keuskupan Ketapang, Kalimantan Barat.

Gereja Katolik memperingati Santo Paulus dari Salib di setiap tanggal 28 April.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]