Pauline Therese dari Württemberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ratu Pauline Therese

Pauline dari Württemberg (4 September 180010 Maret 1873) ialah putri Ludwig dari Württemberg dan Putri Henriette dari Nassau-Weilburg. Ia menikah dengan sepupu pertamanya, Raja Wilhelm I dari Württemberg dan menjadi permaisurinya.[1]

Pauline Therese lahir di Riga, ia adalah putri Ludwig dari Württemberg dan istrinya Putri Henriette dari Nassau-Weilburg. Saudara-saudaranya termasuk Maria Dorothea, Adipatni Agung Austria; Amelia, Adipatni Sachsen-Hildburghausen; Elisabeth Alexandrine, Putri Baden, dan Adipati Alexander dari Württemberg ia sendiri merupakan pendiri dari cabang Teck di keluarganya.

Kakek dari pihak ayahandanya adalah Friedrich Eugen, dan neneknya adalah Friederike Dorothea Sophia. Kakek dari pihak ibundanya adalah Karl Christian, dan neneknya adalah Karoline dari Oranye-Nassau, putri Willem IV dari Oranye-Nassau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Coit Gilman, Thurston Peck, and Moore Colby, p. 529.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • The New International Encyclopedia. Daniel Coit Gilman, Harry Thurston Peck, and Frank Moore Colby (eds). New York: Dodd, Mead, and Company. 1909.
  • Sophie of Württemberg. A Stranger in The Hague: The Letters of Queen Sophie of the Netherlands to Lady Malet, 1842-1877. S.W. Jackson and Hella Haasse (eds.). Duke University Press. 1989.
Pauline Therese dari Württemberg
Lahir: 4 September 1800 Meninggal: 10 Maret 1873
Jerman
Didahului oleh:
Katharina Pawlowna dari Rusia
Permaisuri Württemberg
1820–1864
Diteruskan oleh:
Olga Nikolaevna