Pasianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Santo Pasianus
Esgrafiat de Sant Pacià al palau episcopal de Barcelona.jpg
Santo Pasianus di fasad istana uskup agung Barcelona, Catalonia.
Bapa Gereja
Lahir Tahun 310
Wafat Tahun 391
Barcelona
Pesta 9 Maret

Santo Pasianus (bahasa Katalan: Sant Pacià; bahasa Latin: Pacianus) (310—391) merupakan seorang Uskup Agung Barcelona pada abad ke-4. Ia adalah uskup agung dari tahun 365 sampai tahun 391, menggantikan Praetextatus (Pretextat), yang mengunjungi dewan gereja di Sardica pada tahun 347 dan yang pertama dicatat sebagai uskup agung di Barcelona.

Dianggap sebagai Bapa Gereja[1], Pasianus dipuji di dalam tulisan Hieronimus De viris illustribus, di mana Hieronimus memuji keluwesannya, belajar, kesucian dan kekudusan hidup.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pasianus menikah dan memiliki seorang putra, Flavius Lucius Dexter, yang menjadi Bendahara Agung untuk Theodosius I dan sebagai polisi Praetoria untuk Honorius.[2][3] Hieronimus tidak mengenal Pasianus secara langsung, tetapi ia mengenal Flavius Dexter, putranya, kepada siapa De Viris Illustribus didedikasikan.[4]

Karya[sunting | sunting sumber]

Tulisan-tulisannya yang masih ada hanya di bagian dalam tiga huruf dan sebuah risalah singkat, Paraenesis ad Poenitentiam.[2] Dalam tulisannya, ia membahas disiplin gerejawi, baptisan, keutamaan kepausan, dan ajaran-ajaran tentang penebusan dosa terhadap Novatianisme, yang kemudian berkembang di Spanyol. Ia juga dikenang dari sebuah kalimat dari salah satu suratnya:: Christianus mihi nomen est, catholicos vero cognomen ("Nama saya Kristen, nama keluarga saya Katolik."). [5]

Catatan Hieronimus[sunting | sunting sumber]

Hieronimus mencatat dalam karyanya De Viris Illustribus mengenai Pacianus sebagai berikut:[6][7][8]

Pacianus, uskup Barcelona, di pegunungan Pirenia, seorang selibat dan fasih, dan hidupnya terkenal berkat kotbah-kotbahnya, menulis berbagai karya pendek, antara lain "Cervus" ("rusa"), dan "Melawan orang Novatian". Ia meninggal pada masa pemerintahan Kaisar Theodosius, dalam usia sangat tua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Documento sin título
  2. ^ a b St. Pacian - Catholic Online
  3. ^ Saint Patrick's Church: Saints of March 9
  4. ^ Irondequoit Catholic Communities - - Pacian
  5. ^ Patron Saints Index: Saint Pacian of Barcelona
  6. ^ Hieronimus. De Viris Illustribus. 392-393 Masehi. Bab 106. Pacianus episcopus. Kutipan dalam bahasa Latin: Pacianus, in Pyrenaei jugis Barcilonae episcopus, castitate et eloquentia, et tam vita, quam sermone clarus, scripsit varia opuscula, de quibus est Cervus, et contra Novatianos. Sub Theodosio principe, jam ultima senectute, mortuus est.
  7. ^ Hieronimus. De Viris Illustribus dalam bahasa Latin.
  8. ^ Hieronimus. De Viris Illustribus dalam bahasa Inggris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]