Pascal Rogé

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pascal Rogé
Lahir6 April 1951 (umur 73)
Paris, France
GenreClassical
PekerjaanPianist
InstrumenPiano
Situs webwww.pascalroge.net

Pascal Rogé (lahir 6 April 1951) adalah seorang pianis Prancis.[1][2]

Permainannya antara lain mencakup karya komposer rekan senegaranya Saint-Saëns, Fauré, Debussy, Ravel, Satie, dan Poulenc . Namun, repertoarnya juga mencakup master Jerman dan Austria Haydn, Mozart, Brahms, dan Beethoven .

Biografi[sunting | sunting sumber]

Berkas:Pascal Roge, 1973 on first of three acclaimed Southern Africa tours.jpg
Foto khusus Pascal Roge 1973 pada tur pertama dari tiga tur Afrika bagian selatan yang diselenggarakan oleh Hans Adler.

Penampilan pertama Rogé di depan umum adalah pada tahun 1960 dengan penampilan Préludes karya Claude Debussy . Dia memenangi hadiah piano di Konservatori Paris dan bekerja selama beberapa tahun dengan Julius Katchen . Pada usia tujuh belas tahun, dia memberikan resital pertamanya di kota-kota besar Eropa, dan dalam prosesnya mendapatkan kontrak eksklusif dengan Decca . Dia memiliki ketertarikan khusus dengan komposer Perancis seperti Claude Debussy, Gabriel Fauré, Maurice Ravel dan Francis Poulenc . Dia juga melakukan karya kamar, dengan Pasquier Trio, dan dengan musisi seperti Pierre Amoyal atau Michel Portal, dengan siapa dia merekam Poulenc dan Tchaikovsky . Dia memberikan resital di seluruh dunia, di semua pusat utama. Seorang teman konduktor Charles Dutoit, dia secara teratur diundang ke Kanada untuk bekerja dengan Orkestra Simfoni Montreal sementara Dutoit menjadi konduktor di sana.

Pada tahun 2011 ia dan istrinya Ami menayangkan perdana Concerto for Two Pianos oleh komposer Australia Matthew Hindson, yang ditugaskan untuk merayakan pernikahan mereka baru-baru ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The New York Times
  2. ^ The New York Times

Pranala luar[sunting | sunting sumber]