Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides
Parastratiosphecomyia sphecomyioides
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. stratiosphecomyioides
Nama binomial
Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides

Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides adalah spesies lalat dari famili Stratiomyidae atau lalat tentara.[2] Nama genusnya berasal dari bahasa Yunani kuno, yang berarti "Tawon-lalat terbang dekat tentara", dengan nama spesiesnya yang berarti "Tawon mirip lalat". Penamaan ini dianggap sebagai binatang dengan nama ilmiah terpanjang.[3] Parastratiosphecomyia, yang juga dikenal dengan nama umumnya yang panjang, Lalat Tentara Asia Tenggara ditemukan pada tahun 1923 oleh entomologis Inggris Enrico Brunetti.

Tanda dan warna[sunting | sunting sumber]

Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides menunjukkan bentuk adaptasi tidak sempurna yang disebut mimikri Batesian, di mana ia telah menyesuaikan pola dan pewarnaan dengan spesies Diptera yang berbisa dan berbahaya, yang memungkinkan mereka untuk mengelabui pemangsa yang secara aktif menghindari konsumsi spesies semacam itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brunetti, Enrico Adelelmo (1923). "Second revision of the Oriental Stratiomyidae". Records of the Indian Museum. (Calcutta). 25: 45–180. 
  2. ^ "Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides". Zipcode Zoo. Diakses tanggal Desember 1, 2012. 
  3. ^ "ADW: Parastratiosphecomyia stratiosphecomyioides: CLASSIFICATION". animaldiversity.ummz.umich.edu. Diakses tanggal 3 Februari 2018.