Paramotoring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Paramotoring

Paramotoring adalah nama umum untuk harness dan bagian pendorong paraglider bertenaga ("PPG"). Ada dua tipe dasar paramotor: peluncuran kaki dan peluncuran roda.

Model peluncuran kaki terdiri dari rangka dengan harness, tangki bahan bakar, mesin, dan baling-baling. Lingkaran dengan jaring pelindung terutama menjaga garis-garis keluar dari baling-baling. Unit ini dipakai seperti tas punggung besar tempat Paraglider dipasang melalui carabiner.

Unit peluncuran roda datang sebagai unit lengkap dengan motornya sendiri, atau sebagai tambahan untuk paramotor peluncuran kaki. Mereka biasanya memiliki roda 3 (trike) atau 4 (quad), dengan kursi untuk satu atau dua penumpang. Ini tidak boleh disamakan dengan parasut bertenaga yang umumnya jauh lebih berat, lebih bertenaga, dan memiliki kemudi yang berbeda.

Istilah ini pertama kali digunakan oleh orang Inggris Mike Byrne pada tahun 1980[1] dan dipopulerkan di Prancis sekitar tahun 1986 ketika La Mouette mulai mengadaptasi kekuatan ke sayap paraglider yang baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goin, Jeff (2006). Dennis Pagen, ed. The Powered Paragliding Bible. hlm. 253. ISBN 0-9770966-0-2.