Parade Negara pada Olimpiade Musim Panas 2020

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selama defile atau parade negara dalam Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2020, yang berlangsung pada 23 Juli 2021, atlet dan ofisial dari setiap tim yang berpartisipasi memasuki Stadion Olimpiade didahului oleh pembawa bendera dan plakat mereka. Setiap pembawa bendera akan dipilih oleh Komite Olimpiade Nasional tim atau oleh atlet itu sendiri. Untuk pertama kalinya, setiap tim memiliki opsi untuk mengizinkan dua pembawa bendera, satu pria dan satu wanita, dalam upaya untuk mempromosikan kesetaraan gender.[1] Olimpiade Musim Panas 2020 ditunda karena pandemi COVID-19 dan jumlah atlet yang berparade pada upacara pembukaan ini jauh lebih sedikit dari biasanya.

Urutan parade[sunting | sunting sumber]

Sebagai pencetus Olimpiade, Tim Yunani memasuki Stadion Olimpiade terlebih dahulu, diikuti oleh Tim Olimpiade Pengungsi IOC, yang terdiri dari pengungsi dari beberapa negara.[2] Dengan pengecualian dua tuan rumah saat ini dan berikutnya, tim lain kemudian masuk, mengikuti urutan Gojūon, berdasarkan nama negara dalam Bahasa Jepang[3][4] ~ hal ini baru pertama kalinya terjadi karena pada Olimpiade sebelumnya yang diadakan di Jepang, masih menggunakan urutan abjad dalam Bahasa Inggris. Tiga tim terakhir dalam parade adalah Amerika Serikat dan Perancis, karena kedua negara-negara yang akan menjadi tuan rumah dua Olimpiade berikutnya yaitu Los Angeles 2028 dan Paris 2024, lalu yang terakhir adalah delegasi dari negara tuan rumah Jepang. Nama-nama tim diumumkan dalam Bahasa Prancis, diikuti oleh Bahasa Inggris kemudian Bahasa Jepang, bahasa resmi Gerakan Olimpiade dan negara tuan rumah, sesuai dengan Piagam Olimpiade dan Komite Olimpiade Internasional (pedoman IOC).

Republik Makedonia Utara yang sebelumnya berkompetisi dengan nama sementara "Bekas Republik Yugoslavia Makedonia", karena status sengketa nama resminya, secara resmi berganti nama menjadi Makedonia Utara pada Februari 2019 dan nama Komite Olimpiade Makedonia Utara (NMOC) secara resmi digunakan pada Februari 2020. Ini merupakan penampilan perdana Makedonia Utara pada Olimpiade Musim Panas dengan nama barunya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grohmann, Karolos (4 March 2020). "IOC to allow male/female flagbearers at Tokyo Games". Reuters. 
  2. ^ "U.S., France, Japan to march last in 2020 Parade of Nations". The Japan Times. 4 December 2019. Diakses tanggal 21 December 2019. 
  3. ^ In Japanese, foreign names are mainly written with katakana, sometimes including kanji and hiragana. ROC is not translated into Japanese and was ordered with its French name COR (Comité olympique russe).
  4. ^ "Japanese language to determine order of Olympic parade of athletes". Kyodo News. 30 October 2020. 
  5. ^ Mackay, Duncan (27 March 2019). "IOC approve name change to North Macedonia National Olympic Committee". insidethegames.biz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2019. Diakses tanggal 4 February 2020.