Papan sirkuit fleksibel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Sirkuit cetak fleksibel (Inggris: flexible printed circuit atau FPC) adalah papan sirkuit cetak yang bersifat lunak atau fleksibel. Sirkuit cetak fleksibel ini pada dasarnya menggunakan proses produksi yang lebih kurang sama dengan papan sirkuit cetak, namun bersifat fleksibel dibandingkan dengan papan sirkuit cetak yang keras.

Material[sunting | sunting sumber]

Material utama dalam proses produksi sirkuit cetak fleksibel adalah laminasi keping tembaga (copper clad laminates) yang terbentuk dari bahan dasar berupa film plastik sebagai isolator yang kemudian dilapisi dengan kepingan tembaga sebagai konduktor. Film plastik yang umum digunakan di dalam pembuatan material ini adalah PI, PEN dan PET.

Selain itu, biasanya laminasi tembaga tadi harus dilindungi dengan film plastik sebagai isolator dan pencemaran, ini biasanya disebut lapisan pelindung (cover layer) yang biasanya terdiri dari film plastik dengan perekat. Perekat ini biasanya adalah formula dari akrilik, silikon ataupun epoksi.

Lapis pelindung ini sebelum digunakan biasanya dilindungi pula oleh selapis kertas khusus yang kemudian akan dilepaskan sesaat sebelum direkatkan untuk melindungi permukaan sirkuit tembaga.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan kelebihannya, papan sirkuit lunak biasanya digunakan di bagian-bagian komponen elektronik yang biasanya membutuhkan fleksibilitas tinggi, yang tidak dipunyai oleh papan sirkuit cetak konvensional yang keras. Kemudian pula, karena ketipisan papan jenis ini, memyebabkan papan ini juga lazim digunakan di alat-alat elektronik yang didesain tanpa ruang yang cukup untuk papan sirkuit konvensional.

Aplikasi papan sirkuit lunak dapat ditemukan di: