Pantai Tanjung Selaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Tanjung Selaka adalah tempat wisata pantai yang terletak di desa Sungai Damar, kecamatan Pantai Lunci, kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. Pantai ini berada di antara pantai Anugerah dan pantai Tanjung Nipah dan memiliki topografi landai dengan kedalaman dangkal berkisar atara 0 - 3 m. Hal ini membuat kawasan ini sering terendam apabila sedang pasang tinggi dan curah hujan yang tinggi.

Selain bisa menikmati pantai, atraksi wisata yang ada disini adalah kampung nelayan sebagai wisata bahari dan rumah adat.[1] Di sekitar kawasan pantai ini juga terdapat tambak udang Vaname yang dibudidayakan oleh penduduk desa Sungai Damar.[2]

Pada 2015 lalu, ditemukan serpihan badan pesawat dan barang lainnya di perairan pantai Tanjung Selaka yang diduga adalah milik pesawat yang mengalami kecelakaan dan jatuh di dekat perairan tersebut.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Norhasanah (2019-12-17). "Wisata Tanjung Selaka Miliki Kampung Nelayan dengan Kehidupan Bahari". www.borneonews.co.id. Diakses tanggal 2022-06-24. 
  2. ^ "Udang Vaname Sukamara Mulai Diminati Dikembangkan Daerah Lain". Mata Kalteng. 2022-02-07. Diakses tanggal 2022-06-24. 
  3. ^ "Basarnas Temukan Kembali Tiga Serpihan dan Tas Warna Jingga - National Geographic". nationalgeographic.grid.id. Diakses tanggal 2022-06-24.