Pantai Amai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Amai adalah objek wisata alam yang cukup terkenal di Papua. Pantai amai menjadi salah satu destinasi wisata yang unik juga menarik karena pantai tersebut dihiasi dengan muara sungai air tawar yang jernih di ujung pantai dan merupakan area pantai yang mempertemukan air tawar dan air laut.[1] Suasana yang sejuk juga keadaan pantainya landai, dan dikelilingi pepohonan hijau juga menambah nilai keindahan di pantai ini.


Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pantai Amai berada di pesisir utara Kabupaten Jayapura Distrik Depapre, terletak pada sebuah teluk di selatan Tanjung Tanahmerah. Posisinya tepat di balik Gunung Cyclop yang hijau berselimut hutan hujan tropis.[2] Dari pusat kota Jayapura, pantai Amai berjarak sekitar 80 kilometer, jalanan yang rusak dan berlubang membuat wisatawan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Pantai Amai memiliki area parkirnya sendiri sebagai titik pertama untuk memasuki area pantai. Kemudian kamu berjalan lebih kurang 200 meter ke arah hutan sampai keluar di dekat sungai yang mengarah ke pantai.[3]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Pantai ini cukup lengkap memberikan fasilitas seperti lapangan volly yang dapat dimanfaatkan untuk bermain. Pun di Amai terdapat kios penyewaan peralatan aktivitas air, seperti  snorkeling, diving atau surfing. Namun sayangnya jumlahnya terbatas. Selain itu, di daerah Pantai Amai juga tersedia penginapan-penginapan untuk bermalam.[1] Tidak jarang juga para wisatawan datang ke Pantai Amai untuk menyewa perahu agar dapat menyeberang ke pantai atau ke kampung lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Pantai Amai Uniknya Pertemuan Air Asin dan Air Tawar di Papua - Papua". ksmtour.com. Diakses tanggal 2020-03-07. 
  2. ^ ABSystem.id. "Pantai Amai". Wisata Pantai Amai, Pantai Amai adalah objek wisata alam yang cukup terkenal di Papua. Keadaan pantainya landai, berpasir putih dan dikelilingi pepohonan hija. Diakses tanggal 2020-03-07.  line feed character di |website= pada posisi 21 (bantuan)
  3. ^ Raharjo, Paksi Suryo (2018-09-06). "Pantai Amai Merasakan Air Tawar Bertemu Air Asin". MerahPutih. Diakses tanggal 2020-03-07.