Pantai Air Manis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pantai Air Manis

Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil, memiliki panorama yang indah di sisi utaranya dan legenda Malin Kundang.[1]

Di ujung utara pantai ini terlihat gundukan Gunung Padang dari kejauhan. Di samping itu, terdapat dua pulau kecil yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berjarak tak seberapa jauh dari pantai ini.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Selain menikmati keindahan pantai di Pantai Air Manis pengunjung bisa berkeliling pantai dan menyeberang ke Pulau Pisang Kecil, menyewa perahu motor untuk mengunjungi Pulau Sikuai yang terletak di sebelah Pulau Pisang.[2]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Dekat pantai, ada restoran yang menjual ikan bakar, nasi kapau dan makanan ringan lainnya. Tersedia juga penyewaan perahu motor serta ATV.

Batu Malin Kundang[sunting | sunting sumber]

Daya tarik legenda Malin Kundang sangat menarik wisatawan yang datang ke Pantai Air Manis ini. Walaupun ketika melihat batu ini pengunjung akan ragu dengan kebenaran dari cerita tersebut, karena Batu Malin Kundang ini semakin terkikis oleh ombak laut dan perbaikan batu ini yang membuat menjadi tidak natural.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]