Panji kerajaan Lesotho

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Standar Kerajaaan Lesotho adalah standar kerajaan yang digunakan oleh Raja Lesotho.

Standar-standar[1][sunting | sunting sumber]

Standar Waktu Penggunaan Penggunaan Gambaran, Rincian, dan Sejarah
2006—sekarang Standar Raja Lesotho Seperti bendera nasional Lesotho, Standar Raja Lesotho berganti pada 4 Oktober 2006. Rancangannya mengikuti rancangan bendera nasonal yang baru yang menjadi tiga strip horizontal berwarna biru, putih, dan hijau dengan Lambang Lesotho di tengah strip putih. Sama seperti bendera nasional, warna pantonenya adalah hijau 347c, cokelat 478c, dan biru refleks.

Terdapat juga beberapa modifikasi warna pada lambang: buaya mejadi biru, atas dasar menjadi biru, dan gulungan pun menjadi cokelat dengan moto yang berganti pula menjadi warna putih,

Berkas:Standar Kerajaan Lesotho (1987-2006).gif 1987—2006 Standar Raja Lesotho Sebuah bendera tiga warna persegi panjang dengan perbandingan 2:3 yang berwarna putih, biru, dan hijau. Warna putih memebuhi setengah permukaan bendera di mana di sisi kerekannya terdapat Lambang Kerajaan Lesotho. Warna biru dan hijau masing-masing memenuhi sisa permukaan bendera.
Berkas:Standar Kerajaan Lesotho (1966-1987).gif 1966—1987 Standar Raja Lesotho Standar Kerajaan mirip dengan bendera nasional yang digunakan pada tahun 1966 hingga 1987, namun memiliki lambang negara di tengah dengan topi Basotho (yang merupakan perangkat putih pada bendera sebelumnya) di atasnya. Dalam lambang negara terdapat perisai dengan bentuk tradisional Afrika dalam warna kuning dengan mtif buaya yang berwarna cokelat. Perisai disandari oleh dua kuda poni berwarna cokelat dan sebuah stan yang menjadi perwakilan Thaba Bosiu, Gunung Malam, benteng Raja Moshoeshoe I, dengan moto Khotso, Pula, Nala dalam warna merah di atas gulungan emas. Moto tersebut artinya 'Damai, Hujan, dan Banyak' dalam bahasa Sotho.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lesotho Royal flags". www.crwflags.com. Diakses tanggal 2017-05-04.