Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan
Logo Lantamal I Armabar.jpg
Dibentuk29 Mei 1985
NegaraBendera Indonesia Indonesia
CabangTNI Angkatan Laut TNI Angkatan Laut
Tipe unitKomando Armada I
MotoSamapta Rumeksa
Situs webwww.lantamal1.koarmabar.tnial.mil.id
Komandan tempur
KomandanLaksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si.,[1]

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan atau (Lantamal I Belawan) adalah pangkalan terbesar di Indonesia. Pangkalan ini didirikan bersama sama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V atau (Lantamal V Surabaya), sejak jaman penjajahan Belanda tahun 1878 sesuai yang tertulis pada Gedung Sambu atau gedung Gajah Mada. Pangkalan ini digunakan oleh Belanda sebagai Pangkalan Angkatan Laut. Sesuai denga hasil persetujuan KMB, maka pada tanggal 28 Desember 1949 Pangkalan Angkatan Laut tersebut diserahkan Koninklijke Marine kepada TNI Angkatan Laut Indonesia. Penyerahannya dilakukan oleh Komandan Militer Commandeur Beckering Vinkers kepada Kepala Staf Angkatan Laut Kolonel R. Soebijakto dalam sebuah upacara militer di Dermaga Ujung, Surabaya. Peristiwa tersebut merupakan awal dari pembentukan Pangkalan TNI AL di Surabaya.[2]

Pangkalan TNI AL di Belawan pada awalnya bernama Komando Daerah Maritim (Kodamar), kemudian berubah menjadi Daerah Angkatan Laut (Daeral) satu, berubah lagi menjadi Komando Daerah Angkatan Laut (Kodaerah) satu dan pada akhirnya berdasarkan Surat Keputusan Kasal Nomor Skep/1202/V/1985 tanggal 29 Mei 1985 berganti nama menjadi Pangkalan Utama TNI AL Belawan (Lantamal Belawan), kemudian menjadi Lantamal satu dan terakhir berdasarkan Keptusan Kasal Nomor Kep/10/VII / 2006 berubah menjadi Lantamal I (satu) sampai sekarang. Pangkalan Utama TNI AL I Belawan adalah Komando pelaksana dukungan Komando Armada I yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Koarmada I, dan dijabat oleh perwira tinggi berpangkat bintang satu.

Tugas Pokok[sunting | sunting sumber]

Lantamal I mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal I, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut di wilayah kerjanya.

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]