Pandji Tengkorak (film 1971)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pandji Tengkorak
Pandji Tengkorak (1971; obverse; wiki).jpg
poster rilis film
Sutradara A. Harris
Yang Shih Ching
Produser Benny Suherman
LS Chang
Penulis Hans Jaladara
Pemeran Deddy Sutomo, Shan Kuang Ling Fung, Maruli Sitompul, Lenny Marlina, Nanien Sudiar, Rita Zahara, Godfried Sancho, Charlie Chen, Mansjur Syahdan, Benny Tatang, Irawan Oerip, Bambang Siswanto, Firman Sitompul
Sinematografi Harry Susanto
Chin Yo Hu
Penyunting Suryo Susanto
Perusahaan
produksi
Distributor CV Sejahtera Film
Tanggal rilis
1971
Durasi
86 menit
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Bendera Hong Kong Hong Kong

Pandji Tengkorak (Ejaan Republik untuk Panji Tengkorak) merupakan film aksi laga yang dirilis pada 1971 yang disutradarai oleh A. Harris serta dibintangi oleh Deddy Sutomo, Shan Kuang Ling Fung, Maruli Sitompul, sebagai pemeran utama, serta Lenny Marlina dan Rita Zahara sebagai pemeran pendukung.

Film ini adalah salah satu film pertama yang merupakan buah hasil kerjasama antara rumah produksi film Indonesia dan asing dari Hong Kong. Cerita film ini sendiri diadaptasi secara lepas dari serial komik cerita silat fantasi Panji Tengkorak yang pertama kali terbit tahun 1968 karya Hans Jaladara, penulis asal Kebumen, Jawa Tengah.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kebobeok (Maruli Sitompul) menyamar menggunakan topeng tengkorak dan berhasil merampas pedang pusaka dan membunuh pemiliknya. Dewi Bunga (Shan Kuang Ling Fung), gadis murid korban pembunuhan itu, dendam kepada pada Panji Tengkorak karena topengnya yang sama dengan pembunuh gurunya. Ia lalu berguru pada Muri (Rita Zahara) dan setelah itu berkelana mencari Panji Tengkorak. Dalam perjalanannya ia dikeroyok anak buah Kebobeok, dimana Panji Tengkorak asli (Deddy Sutomo), yang tak menggunakan topeng datang membantu. Dalam perjalanan selanjutnya, Dewi Bunga berhasil menyelamatkan seorang gadis, Mariani (Lenny Marlina), yang sedang mencari adiknya yang diculik gerombolan Kebobeok. Dari cerita Mariani, diketahui bahwa Panji Tengkorak sebenarnya adalah pendekar budiman. Dewi Bunga dan Mariani lalu menyerbu markas Kebobeok, dan membebaskan Panji Tengkorak yang disekap gerombolan tersebut. Dibantu gurunya, Muri, mereka berhasil menumpas gerombolan jahat Kebobeok.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]