Pameran Seni Kontemporer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pameran Seni Kontemporer adalah salah satu ajang menunjukkan hasil karya seni kontemporer para seniman untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas.

Salah satu Pameran Seni kontemporer di Indonesia adalah "INDONESIA CONTEMPORARY ART & DESIGN 2016 (ICAD)" yang diselengarakan di Jakarta, 7 Oktober - 7 Desember 2016. Penyelenggaraan pameran Indonesia Contemporary Art & Design 2016 menjadi salah satu langkah untuk mendorong terwujudnya iklim kreasi dan inovasi,terlebih Indonesia dengan segala potensi yang kaya dan beragam menjadi sebuah tantangan bagi pengembang industri kreatif. ICAD adalah kegiatan pertama di Indonesia yang menggabungkan perkembangan seni kontemporer dengan dunia design. kegiatan ini telah memberikan warna yang berbeda dalam memandang dunia kreatif. Seni murni cenderung menepatkan seniman sebagai pusat pemaknaan kreativitas, begitu pula dengan seni kontemporer.Namun dalam kegiatan ini seni kontemporer berkolaborasi dengan praktik desain yang selalu terkait dengan kegiatan aktivitas produksi keretivitas terapan.

Pada penyelenggaraan yang ke-7, pameran ini mengusung tema "SEVEN SCENES" yang menampilkan banyak proyek kolaborasi. Kerja kolaborasi menjadi sangat penting, karena seniman tidak menjadi pusat, namun juga menjadi inisiator sekaligus fasilitator gagasan bersama. ICAD mengembangkan metode proyek bersama tujuh orang seniman dan desainer dalam berpameran. ketujuh seniman dianggap telah sampai pada pencapaian sendiri dalam mengeksplorasi bidangnya masing-masing : seni rupa, desain grafis, mode, arsitek, serta video. dengan berkolaborasi dengan para seniman/desainer muda, ketujuhnya hadir sebagai fasilisator penyebaran gagasan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ekarahendy, Ellena (2016). Seven Scenes. Jakarta. hlm. 29.