Jihad Islam Palestina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Palestinian Islamic Jihad)
Jihad Islam Palestina
Ketua umumRamadan Shallah
PendiriRamadan Shallah
Fathi Shaqaqi
Shekh Odeh
Dibentuk1981
Keanggotaan5,000–8,000[1]
IdeologiPan-Islamism
Islamic fundamentalism
Anti-Zionism
AgamaIslam Sunni
Situs web
www.nedayequds.com

Gerakan Jihad Islam Palestina (Arab: حركة الجهاد الإسلامي في فلسطين, Harakat al-Jihād al-Islāmi fi Filastīn) adalah organisasi paramiliter Islamis Palestina yang dibentuk pada tahun 1981.

PIJ dibentuk sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin dan pembentukannya dipengaruhi secara ideologis oleh rezim Islam di Iran. Organisasi ini adalah anggota Aliansi Pasukan Palestina, yang menolak Perjanjian Oslo dan bertujuan untuk mendirikan negara Islam Palestina yang berdaulat. Mereka menyerukan penghancuran militer Israel dan menolak solusi dua negara. Dukungan keuangan organisasi ini secara historis terutama datang dari Suriah dan Hizbullah. Sejak tahun 2014, kekuatan PIJ terus meningkat dengan dukungan dana dari Iran.

Sayap bersenjata PIJ adalah Brigade Al-Quds (juga dikenal sebagai "Saraya"), juga dibentuk pada tahun 1981, yang aktif di Tepi Barat dan Jalur Gaza, dengan benteng utamanya di Tepi Barat adalah kota Hebron dan Jenin. Operasinya mencakup bom bunuh diri, serangan terhadap warga sipil Israel, serta penembakan roket ke Israel. PIJ telah dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat,[2] Uni Eropa,[3] Inggris,[4] Jepang,[5] Kanada[6] dan Australia.[7] Tujuan adalah pemusnahan negara Israel dan Palestina dengan penggantian sebuah negara baru yang disebutnya sebagai Negara Islam.[8]

Sejarah dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ramadan Abdullah Mohammad Shallah dicari oleh FBI karena konspirasi untuk menjalankan urusan organisasi teroris internasional yang dikenal sebagai "Jihad Islam Palestina".

PIJ secara resmi didirikan di Gaza pada tahun 1981 oleh dua aktivis Palestina: Dr. Fathi abd al-Aziz Shaqaqi, seorang dokter yang berbasis di Rafah, dan Syekh Abd al-Aziz Awda, seorang pengkhotbah Islam dari kamp pengungsi Jabaliyya, serta Ramadan Shalah , Bashir Moussa dan tiga radikal Palestina lainnya. Berbasis di Mesir, Shaqaqi dan Awda awalnya adalah anggota Ikhwanul Muslimin. Pandangan mereka tentang kehancuran Israel membuat mereka pada tahun 1979 mendirikan Fraksi Jihad Islam-Shaqaqi, sebuah cabang dari Jihad Islam Mesir. dan melakukan operasi di luar Mesir. Fraksi Shaqaqi diusir dari Mesir pada tahun 1981 setelah pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat oleh Jihad Islam Mesir. Shaqaqi dan Awda kembali ke Gaza di mana mereka secara resmi mendirikan PIJ, tempat PIJ melanjutkan operasinya.

Tujuan dari organisasi ini adalah pembentukan negara Palestina Islam yang berdaulat dalam batas geografis Mandat Palestina sebelum tahun 1948. Sepenuhnya menolak proses politik, organisasi ini menyatakan bahwa tujuannya hanya dapat dicapai melalui cara-cara militer.

PIJ memulai operasi bersenjatanya melawan Israel pada tahun 1984. Pada tahun 1988, para pemimpinnya diasingkan oleh Israel ke Lebanon. Selama berada di Lebanon, kelompok tersebut menerima pelatihan, dukungan, dan dukungan lainnya dari Hizbullah dan pendukungnya di Iran, dan mengembangkan hubungan dekat dengan organisasi tersebut. Pada tahun 1990, kantor pusat PIJ pindah ke ibu kota Suriah, Damaskus, dan tetap menjadi basisnya, dengan kantor di Beirut, Teheran, dan Khartoum.

PIJ mendalangi beberapa serangan bunuh diri di Israel dan terus dianggap oleh Israel sebagai organisasi paling ekstrem dalam metode operasional dan komitmennya terhadap kehancuran Israel. Pada tahun 1995, PIJ, menurut Fisk, "mungkin merupakan musuh Israel yang paling sengit di zaman modern." Shaqaqi dibunuh pada tahun 1995 di Malta, dan Ramadan Shalah menjadi sekretaris jenderal organisasi tersebut. Terjadi tindakan keras berikutnya terhadap PIJ oleh Israel dan Otoritas Nasional Palestina yang menyebabkan melemahnya organisasi tersebut secara signifikan.

Pada tanggal 20 Februari 2003, profesor teknik komputer Universitas South Florida Sami Al-Arian ditangkap setelah didakwa atas tuduhan terkait terorisme. Jaksa Agung AS John Ashcroft dalam konferensi pers menuduh bahwa Al-Arian adalah kepala Jihad Islam Palestina di Amerika Utara. Pada tanggal 6 Desember 2006, Sami Al-Arian dijatuhi hukuman 57 bulan penjara, berdasarkan tawar-menawar pembelaan. Pada bulan November 2006 dia dinyatakan bersalah atas penghinaan sipil karena menolak bersaksi di hadapan dewan juri federal dan menjalani hukuman 21 bulan penjara atas hukuman tersebut. Pada tanggal 27 Juni 2014, Pemerintah Federal AS membatalkan semua tuduhan terhadap Al-Arian.

PIJ diduga memanfaatkan anak di bawah umur. Pada tanggal 29 Maret 2004, Tamer Khuweir yang berusia 15 tahun dari Rifidia, pinggiran kota Nablus Palestina di Tepi Barat, ditangkap oleh pasukan Israel saat ia berencana melakukan misi bunuh diri. Kakak laki-lakinya mengaku dia telah dicuci otak dan meminta Otoritas Palestina menyelidiki insiden tersebut dan menangkap mereka yang bertanggung jawab.

Menyusul serangan teroris lebih lanjut terhadap warga sipil di Israel, Shalah dan Awda didakwa berdasarkan hukum Amerika Serikat dan ditambahkan pada tahun 2006 ke dalam daftar Teroris Paling Dicari FBI Amerika Serikat.

Pada bulan Februari 2012, pemerintah Hamas di Jalur Gaza menjauhkan diri dari PIJ. Selama bentrokan Gaza-Israel pada bulan Maret 2012, yang terjadi setelah pembunuhan Israel terhadap pemimpin Komite Perlawanan Populer, Zuhir al-Qaisi, yang membual tentang penculikan Gilad Shalit, PIJ dan RRT melancarkan serangan terhadap Israel. Hamas menahan diri untuk bergabung dengan PIJ dan RRT dalam menyerang Israel. Lebih dari seratus warga Palestina terbunuh atau terluka dalam kekerasan yang terjadi, namun Israel tidak menyerang sasaran Hamas pada saat itu. Gencatan senjata akhirnya dinegosiasikan antara Israel dan kelompok militan, bukan Hamas.

Surat kabar berbahasa Arab yang berbasis di London Asharq al-Awsat melaporkan pada bulan Mei 2015 bahwa Iran telah berhenti mendanai PIJ karena netralitas kelompok tersebut atas intervensi yang dipimpin Arab Saudi di Yaman, sehingga membuat PIJ mengalami krisis keuangan yang parah. Iran memperkirakan PIJ akan mengutuk intervensi yang dipimpin oleh Arab Saudi, saingan utama Iran di kawasan. Surat kabar Palestina al-Quds melaporkan bahwa Iran kini mendukung cabang PIJ yang disebut as-Sabirin (bahasa Arab untuk “yang sabar”), yang dipimpin oleh veteran Jihad Islam Hisham Salem.

Di bawah kepemimpinan mantan Ramadan Shalah, kelompok tersebut menerima sekitar US$70 juta per tahun dari Korps Garda Revolusi Islam Iran.

Ideologi, motif dan keyakinan[sunting | sunting sumber]

Ramadan Shalah diwawancarai oleh delegasi Federasi Ilmuwan Dunia di Damaskus, Suriah, pada tanggal 15 Desember 2009. Dalam wawancara tersebut, ia berpendapat bahwa Israel tidak akan menerima solusi dua negara atau satu negara dan bahwa satu-satunya pilihan adalah untuk melanjutkan perjuangan bersenjata sampai kekalahan Israel.

Kami adalah penduduk asli tanah tersebut. Saya lahir di Gaza. Keluarga saya, saudara laki-laki dan perempuan saya, tinggal di Gaza. Tapi saya tidak diperbolehkan mengunjungi mereka. Tapi warga Yahudi Amerika atau Siberia mana pun diperbolehkan mengambil tanah kami. Saat ini tidak ada kemungkinan solusi dua negara. Ide itu sudah mati. Dan tidak ada prospek nyata untuk solusi satu negara...

Saya tidak akan pernah, dalam kondisi apapun, menerima keberadaan negara Israel. Saya tidak punya masalah tinggal bersama orang-orang Yahudi...

Kami telah hidup bersama dalam damai selama berabad-abad. Dan jika Netanyahu bertanya apakah kita bisa hidup bersama dalam satu negara, saya akan menjawabnya: "Jika kita punya hak yang sama seperti orang Yahudi untuk datang ke seluruh Palestina. Jika Khaled Meshaal dan Ramadan Shalah bisa datang kapan pun mereka mau, dan mengunjungi Haifa, dan membeli rumah di Herzliyah jika mereka mau, maka kita bisa mendapatkan bahasa baru, dan dialog bisa dilakukan."

Kelompok tersebut merupakan gerakan Jihadis Sunni tetapi mencakup keyakinan agama lain.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Kegiatan militan[sunting | sunting sumber]

Jihad Islam Palestina telah mengaku bertanggung jawab atas banyak aktivitas militan selama bertahun-tahun dan bertanggung jawab atas lebih dari 30 bom bunuh diri. Komunitas internasional menganggap penggunaan serangan tanpa pandang bulu terhadap penduduk sipil dan penggunaan perisai manusia sebagai tindakan ilegal menurut hukum internasional.

Jihad Islam juga mengerahkan roketnya sendiri, mirip dengan roket Qassam yang digunakan Hamas, yang disebut roket al-Quds.

Layanan sosial[sunting | sunting sumber]

Jihad Islam juga mengendalikan puluhan organisasi keagamaan di wilayah Palestina yang terdaftar sebagai LSM dan mengoperasikan masjid, sekolah, dan fasilitas medis yang menawarkan layanan gratis. Seperti perkumpulan Islam lainnya, perkumpulan ini diawasi dengan ketat oleh Otoritas Nasional Palestina yang telah menutup beberapa perkumpulan tersebut. Dalam salah satu wisuda taman kanak-kanak Jihad Islam, anak-anak mengenakan seragam militer, mengacungkan senjata, meneriakkan slogan-slogan anti-Israel, dan berbicara tentang meledakkan diri untuk membunuh "Zionis".

Jihad Islam juga mengoperasikan lusinan perkemahan musim panas untuk anak-anak. Mereka telah membuka 51 perkemahan musim panas yang menarik sekitar 10.000 anak pada tahun 2010.

Kami mengajari anak-anak kebenaran. Bagaimana orang-orang Yahudi menganiaya para nabi dan menyiksa mereka. Kami menekankan bahwa orang-orang Yahudi membunuh dan membantai orang-orang Arab dan Palestina setiap ada kesempatan. Yang paling penting, anak-anak memahami bahwa konflik dengan orang-orang Yahudi bukan soal tanah, melainkan soal agama. Selama orang-orang Yahudi masih tinggal di sini, antara sungai [Yordania] dan laut, mereka akan menjadi musuh kami dan kami akan terus mengejar dan membunuh mereka. Ketika mereka pergi, kami tidak akan menyakiti mereka.

Dukungan publik[sunting | sunting sumber]

Jajak pendapat pada bulan Juni 2015 yang dilakukan oleh The Washington Institute for Near East Policy menemukan bahwa Jihad Islam dipandang positif oleh 71% warga Palestina di Tepi Barat dan 84% warga Palestina di Gaza.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

PIJ, disebut sebagai "Saraya" disebutkan dalam serial Israel Fauda.

Pejuang terkemuka[sunting | sunting sumber]

  • Sheikh Abdullah Ramadan Shallah - pendiri, dan saat ini Sekretaris Jenderal, tinggal di Damaskus
  • Fathi Shaqaqi - pendiri, telah meninggal karena dibunuh.
  • Mahmoud Tawalbe - pemimpin senior di Jenin, tewas selama Operasi Defensive Shield oleh IDF Caterpillar D9
  • Mahmoud Seader - Pemimpin di Hebron
  • Hanadi Jaradat - wanita pelaku bom bunuh diri di restoran Maxim
  • Tamer Khuweir - berusia 15 tahun, pelaku bom bunuh diri [9]
  • Mohammed Dadouh - komandan senior di Gaza, meninggal karena bom roket oleh Israel pada tanggal 21 Mei 2006
  • Mahmoud al-Majzoub - anggota dari Dewan Shura, tewas oleh bom mobil pada 26 Mei 2006.
  • Husam Jaradat - Terbunuh di tempat pengungsian Jenin pada 30 Agustus 2006.
  • Ayman al-Fayed - komandan senior dari Jalur Gaza, terbunuh bersama dengan keluarganya dalam ledakan di kamp pengungsi Burei pada tanggal 16 Februari 2008.[10]
  • Ziad Abu-Tir - anggota senior sayap militer telah tewas dalam sebuah serangan udara Israel di Khan Younis daerah pada tanggal 29 Desember 2008.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ben Gedalyahu, Ben (7 November 2011). "Iran Backs Islamic Jihad's 1,000-Man Army in Gaza". Israel National News. Arutz Sheva. Diakses tanggal 7 November 2011. 
  2. ^ "US - Office of Counterterrorism". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2002-08-06. Diakses tanggal 2002-08-06. 
  3. ^ "List of organisations recognized as terrorist groups" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2009-02-05. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  4. ^ "UK home office". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-02-13. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  5. ^ Kebijakan Deplomatik Jepang
  6. ^ "Public safety Canada". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-19. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  7. ^ "Australian national security". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-04. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  8. ^ Interview with the General Secretary of the Islamic Jihad Movement in Palestine: Dr. Fathi Shikaki
  9. ^ "Brother slams Palestinian militants for luring teenager into suicide mission". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-31. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  10. ^ Blast kills senior Gaza militant BBC News
  11. ^ Senior Jihad man, 14 others die in IDF strikes, Ynet, 29-12-2008