Pakis merak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pakis merak
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Upakerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Selaginella willdenowii

(Desv. ex Poir.) Baker
Sinonim[1]

Lycopodium willdenowii Desv.

Pakis merak (Selaginella willdenowii, bahasa Inggris: Willdenow's spikemoss) adalah tumbuhan paku/pakis (fern) yang termasuk ke dalam keluarga Selaginellaceae. Tanaman ini mempunyai daun mendekati warna biru, karena fenomena alam akibat cahaya gelombang yang dipantulkan oleh lapisan tipis sel dengan struktur pipih di kutikula atas daun (ditemukan juga pada tanaman Selaginella uncinata). Tanaman ini dapat ditemukan di Indonesia, salah satu tempat persebarannya adalah Gunung Prau.[2]

Umumnya, tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor dan diperjualbelikan secara bebas. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk dan warna yang menarik dapat ditanam di dalam pot maupun di halaman rumah. Selain itu, Selaginella willdenowii mengandung antioksidan dan dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka, nifas, dan gangguan haid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selaginella willdenowii (Desv.) Baker". Plants of the World Online. The Trustees of the Royal Botanic Gardens, Kew. n.d. Diakses tanggal July 26, 2020. 
  2. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606.