Tombol Page Up dan Page Down

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tombol Page Up dan Page Down (kadang-kadang disingkat PgUp dan PgDn) adalah dua kunci yang sering ditemukan pada keyboard komputer.

Dua kunci terutama digunakan untuk menggulir naik atau turun dalam dokumen, tapi jarak bergulir bervariasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam pengolah kata, misalnya, mereka mungkin melompat laman fisik ditiru atau dengan tampilan layar yang dapat menunjukkan hanya bagian dari satu halaman atau banyak halaman sekaligus tergantung pada faktor zoom. Dalam kasus ketika dokumen lebih pendek dari satu screenful, Page Up dan Page Down sering memiliki efek tidak terlihat sama sekali.

Sistem operasi yang berbeda mengenai apakah tombol (ditekan tanpa pengubah) hanya memindahkan pandangan-misalnya di Mac OS X- atau juga navitasi masukan-misalnya di Microsoft Windows. Dalam pengaturan kanan-ke-kiri, PgUp akan bergerak ke atas atau rightwards (bukan kiri) dan PgDn akan bergerak ke bawah atau ke kiri (bukan kanan). Kunci telah dijuluki Halaman sebelumnya dan halaman berikutnya, sesuai dengan itu.

Tombol panah dan roda gulir dapat juga digunakan untuk menggulung dokumen, walaupun biasanya dengan jarak yang lebih kecil inkremental. Digunakan bersama dengan tombol pengubah, seperti Alt, Opt, ^ Ctrl atau kombinasi daripadanya, mereka mungkin bertindak sama seperti Halaman kunci.

Pada kebanyakan sistem operasi, jika tombol Page Up atau Page Down ditekan bersama dengan Shift dalam teks dapat diedit, Semua teks menggulir atas akan disorot.

Dalam beberapa aplikasi, tombol Page Up dan Page Down berperilaku berbeda dalam navigasi sisipan (toggle dengan tombol fungsi F7 pada Windows). Untuk mengklaim 30% dari orang, Tombol paging memindahkan teks ke arah yang berlawanan dengan apa yang mereka temukan alami, dan perangkat lunak mungkin berisi pengaturan untuk membalikkan pengoperasian tombol ini untuk mengakomodasi itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]