Paganisme Finnik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rusa besar adalah gambar umum dalam banyak petroglyph Finnik.

Paganisme Finnik adalah agama pagan asli di Finlandia, Karelia, Ingria dan Estonia sebelum diperkenalkan Kekristenan, agama asli bagi kelompok etnik Finnik Baltik. Agama ini adalah agama politeistik, menyembah sejumlah dewa-dewi. Dewa yang utama adalah dewa petir dan langit, Ukko; dewa penting lainnya adalah Jumo (Jumala), Ahti, dan Tapio. Jumala adalah dewa langit; saat ini, kata "Jumala" merujuk kepada semua dewa secara umum. Ahti adalah dewa laut, air dan ikan. Tapio adalah dewa hutan dan perburuan.

Paganisme Finnik menampilkan banyak kemiripan dengan praktik agama dengan budaya terkait, seperti kepercayaan pagan Mordvin, Mari, Sami dan kepercayaan Finno-Ugrik lainnya. Agama ini berbagi beberapa fitur dengan paganisme Baltik, Nordik dan Jermanik yang berada di dekatnya.

Tradisi organik mulai terpinggirkan akibat tersebarnya Kekristenan sejak abad ke-12 dan akhirnya hilang pada awal abad ke-20, ketika Sihir Rakyat dan tradisi lisan sudah punah. Paganisme Finnik menciptakan inspirasi untuk gerakan pagan kontemporer Suomenusko (kepercayaan Finlandia), yang berupaya mengembalikan agama kuno orang Finlandia. Namun didasarkan pada sumber sekunder.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Paganisme Templat:Topik agama Templat:Topik Finlandia